Info

Akan Dibuka, Amankah Nonton di Bioskop saat Pandemi? Begini Kata Ahli

Bioskop akan segera dibuka, amankah untuk dikunjungi?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Bioskop. (pixabay)
Bioskop. (pixabay)

Himedik.com - Rencana pembukaan kembali bioskop saat pandemi menuai pro dan kontra dari masyarakat, apalagi dengan kasus Covid-19 di Indonesia yang tak kunjung terkendali.

Melansir dari dari Health, sebelum ingin datang ke bioskop Anda mungkin perlu mencatat bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS memasukkan bioskop dalam tempat berisiko tinggi penularan Covid-19.

"Ini karena bioskop membawa orang-orang ke dalam ruangan yang sama dan berada dalam jarak dekat untuk waktu yang lama," kata Anne Rimoin, PhD, MPH, profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health, kepada Health.

"Virus ditularkan melalui tetesan ketika kita berbicara, tertawa, dan bernapas. Bioskop menghadirkan suasana tertawa dan berbicara dua hingga tiga jam dengan ventilasi yang kurang optimal," jelas Rimoin.

Sementara Carol A. Winner, MPH, pendiri gerakan jarak pribadi Give Space menyatakan bahwa peluang terinfeksi Covid-19 di bioskop hampir sama seperti di restoran. "Meskipun orang berbicara lebih sedikit di bioskop, mereka bisa saja melepaskan maskernya, tertawa, batuk, bersin, dan kemudian mencoba berbicara," kata Winner.

Ilustrasi bioskop. (Freepik)
Ilustrasi bioskop. (Freepik)

Pembukaan kembali bioskop mungkin akan menjanjikan dengan fasilitas atau protokol kesehatan seperti memakai masker, jeda, pelebaran jarak kurisi, hingga cuci tangan. Meskipun semua tindakan ini dapat membantu mencegah penyebaran virus corona, namun tidak dapat menghentikan virus sama sekali.

Dalam banyak kasus, sulit untuk mengetahui apakah sesama penonton mengikuti semua protokol kesehatan. Winner menjelaskan bahwa sangat sulit bagi staf untuk menerapkan pedoman memakai masker di bioskop yang gelap.

"Jika Anda pergi ke bioskop, pilihlah yang secara signifikan membatasi pelanggan dan ketat dalam protokol kesehatan," kata Rimoin menyarankan.

"Jangan melepaskan masker untuk makan atau minum dan akan menghindari penggunaan kamar kecil," imbuhnya.

Sementara Winner menyarankan bahwa cara aman lain yang perlu dilakukan adalah menjaga jarak fisik sejak masuk bioskop. Kemudian kenakan hand sanitizer sesaat sampai di tempat duduk.

"Namun tetap lebih aman berpelukan di dalam rumah dengan orang tersayang sambil menonton Netflix bersama semangkuk besar popcorn daripada pergi ke bioskop," ujar Winner.

Berita Terkait

Berita Terkini