Info

Turunkan Berat Badan 5 Persen Saja, Rasakan Berbagai Manfaatnya

Menurunkan berat badan hanya 5 persen dari tubuh Anda bisa membantu menyehatkan!

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi menimbang berat badan - (Pixabay/sisdahgoldenhair)
Ilustrasi menimbang berat badan - (Pixabay/sisdahgoldenhair)

Himedik.com - Masalah berat badan bukan hanya mengganggu penampilan, namun kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penurunan berat badan perlu diusakahan untuk kualitas hidup yang lebih baik. 

"Tetapi Anda tidak perlu menurunkan berat badan satu ton untuk merasakan manfaat kesehatan," kata Mir Ali, MD, seorang ahli bedah bariatrik dan direktur medis dari MemorialCare Surgical Weight Loss Center di Orange Coast Medical Center pada Insider.

Menurut penelitian, kehilangan sedikitnya 5 persen dari berat badan Anda dapat meningkatkan berbagai kondisi kesehatan.

Melansir dari Insider, berikut lima manfaat kesehatan yang didapatkan jika Anda berhasil menurunkan berat badan, antara lain:

1. Bantu Kontrol Diabetes

Diabetes tipe 2 (Pixabay/stevepb)
Diabetes tipe 2 (Pixabay/stevepb)

Kelebihan lemak tubuh menyebabkan peningkatan jaringan adiposa yang menyebabkan peradangan dan mengganggu fungsi insulin, hormon yang membantu mengatur kadar gula darah.

"Kehilangan berat badan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2," kata Preeti Pusalkar, ahli gizi klinis bersertifikat di Hudson Medical Center, penyedia perawatan primer di New York City.

Penurunan berat badan mengurangi jaringan adiposa yang memungkinkan tubuh mengelola gula darah dengan lebih efektif. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menurunkan sekitar 5 persen berat badan Anda.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurunkan berat badan dapat meningkatkan kesehatan jantung di mana dapat mengurangi tekanan pada arteri. Hal ini yang akan membuat jantung tidak harus bekerja sekuat tenaga untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

3. Menurunnya Risiko Stroke

Berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga meningkatkan pula risiko terkena stroke. Hal ini disebabkan karena tekanan darah tinggi memberi tekanan pada pembuluh darah.

"Menurunkan berat badan membantu meningkatkan efisiensi jantung karena pembuluh darah yang kurang menyempit," kata Pusalkar.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung menderita apnea tidur, kelainan yang ditandai dengan gangguan pernapasan saat tidur. Berat badan dapat meningkatkan timbunan lemak di leher yang dapat menghalangi saluran udara.

Tidur nyenyak/Shutterstock
Tidur nyenyak/Shutterstock

5. Dorongan Seks Lebih Tinggi

Penambahan berat badan telah terbukti meningkatkan kadar globulin pengikat hormon seks (SHBG) dalam darah Anda. Ini dapat menurunkan kadar testosteron gratis dan menurunkan libido.

Berita Terkait

Berita Terkini