Info

Seperti Olahraga, Berhubungan Seks Pangkas 3 hingga 4 Kalori Per Menit

Berhubungan seks bukan hanya bikin senang, tapi bisa memangkas kalori di tiap menitnya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi berhubungan seks. (PIxabay/niekverlaan)
Ilustrasi berhubungan seks. (PIxabay/niekverlaan)

Himedik.com - Seks nyatanya bisa membakar kalori setidaknya 3 hingga 4 per menit. Hal ini dinyatakan dalam berbagai penelitian pada beberapa dekade.

Penelitian pertama pada tahun 1984 yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine menyimpulkan bahwa seks disamakan dengan olahraga ringan hingga sedang. Beberapa penelitian lagi sejak saat itu telah menemukan kesimpulan yang serupa.

Sementara beberapa data terbaru tahun 2013 dari University of Quebec di Montreal melakukan penelitian terhadap 21 pasangan heteroseksual muda yang sehat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa banyak energi yang mereka keluarkan selama empat sesi seks yang berbeda.

Studi yang dipublikasikan di PLOS One ini menemukan bahwa selama sesi aktivitas seksual rata-rata pria membakar 101 kalori dan wanita membakar 69,1 kalori.

Mempertimbangkan berapa lama setiap sesi berlangsung, para peneliti menyimpulkan bahwa pria rata-rata membakar 4,2 kalori per menit sementara perempuan membakar 3,1 kalori per menit.

Angka ini lebih sedikit dibandingkan ketika peserta yang sama berolahraga di treadmill di mana pria membakar 9,2 kalori per menit dan wanita membakar 7,1 kalori per menit.

Hubungan Seksual. (Elements Envato)
Hubungan Seksual. (Elements Envato)

"Ada semacam pengeluaran energi saat berhubungan seks tetapi tidak terlalu besar," kata Rekan penulis studi Antony Karelis, PhD, Profesor di Departemen Ilmu Latihan di Universitas Quebec, Montreal.

Studi lain yang diterbitkan pada 2013 yang terbit pada New England Journal of Medicine juga menyimpulkan hasil serupa bahwa pria berusia 30-an mungkin hanya membakar 21 kalori saat berhubungan seks selama 6 menit.

Lima sampai enam menit adalah tentang durasi rata-rata hubungan seksual yang tidak termasuk pemanasan.

Berita Terkait

Berita Terkini