Info

Tetap Aman Datang ke TPS, Lakukan 6 Tindakan Pencegahan Covid-19 Ini

Tindakan pencegahan Covid-19 perlu dilakukan selama melakukan pemungutan suara dalam Pilkada serentak.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi pakai masker. (Shutterstock)

Himedik.com - Pemerintah memutuskan untuk menyelenggarakan Pilkada serentak pada Rabu (9/12/2020) di 270 daerah dari 9 provinsi. Sayangnya Pilkada serentak tahun 2020 dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19

"Adanya pelaksanaan Pilkada sekalipun itu sudah atau tindakan yang sangat berani dan berisiko tinggi," kata epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman dihubungi Suara.com, Jumat (4/12/2020).

Untuk menghindari potensi penularan di tempat pemungutan suara (TPS), berikut beberapa tips yang perlu Anda ikuti seperti yang dilansir dari CNN International, antara lain:

1. Pastikan Tunggu Giliran Memilih di Luar Ruangan

Berdiri di luar ruangan jelas lebih aman daripada di dalam ruangan karena aliran udara dapat membantu menghilangkan virus. Jadi cobalah berdiri di luar ruangan sebelum dilakukan pemungutan.

"Waktu yang dihabiskan di dalam ruangan harus diminimalkan," kata Dokter Marybeth Sexton, asisten profesor kedokteran penyakit menular di Emory University di Atlanta, dalam wawancara sebelumnya.

Lokasi teraman saat berada di tempat pemungutan suara adalah berada di tempat dengan ventilasi yang baik.

2. Datang di Jam Tak Sibuk

Lakukan pemungutan suara di jam-jam tak sibuk seperti di jam makan siang. Biasanya orang akan melakukan pemilihan di pagi atau sore hari.

3. Pilih Masker dengan Hati-Hati

Penelitian telah menunjukkan bahwa masker katun dengan dua atau tiga lapis kain lebih melindungi daripada masker satu lapis.

Jika Anda harus melepas masker karena suatu alasan seperti untuk minum air, maka gunakan pembersih tangan sebelum dan sesudah melepaskan masker. Jangan lupa untuk membawa masker cadangan jika yang pertama basah atau kotor.

4. Tutupi Hidung

Saat pakai masker, banyak orang yang hanya menutupi mulut mereka tapi membuka di bagian hidung. Padahal tidak aman untuk berdiri sejajar dengan hidung yang tak ditutupi masker meskipun mulut Anda tertutup.

5. Patuhi Jarak Sosial

Berdiri terpisah setidaknya 2 meter untuk membantu melindungi diri kita sendiri dan orang lain dari virus.

"Jika ada orang menolak untuk menjaga jarak, Anda mungkin perlu memberi tahu petugas dan meminta mereka untuk dengan sopan mengingatkan pemilih agar mau mencoba menjaga jarak sosial," ujar Hannah Klain, seorang rekan Equal Justice Works dalam program demokrasi di Brennan Center for Justice di New York.

Ilustrasi Pakai Masker (Suara.com/Tika Nindra)
Ilustrasi Pakai Masker (Suara.com/Tika Nindra)

6. Bawalah Hand Sanitizer

Anda perlu membawa hand sanitizer dengan kandungan lebih dari 60 persen etanol atau 70 persen isopropil alkohol. Jumlah kandungan tersebut adalah yang dibutuhkan untuk membunuh sebagian besar virus corona.

Berita Terkait

Berita Terkini