Info

Virus Corona dan Flu Bisa Sebabkan Sakit Tenggorokan, Apa Bedanya?

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh virus corona Covid-19 dan flu biasa, begini cara membedakannya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Sakit tenggorokan adalah masalah kesehatan umum di musim dingin. Tapi, sakit tenggorokan juga bisa jadi tanda virus corona Covid-19.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sakit tenggorokan adalah gejala yang bisa dirasakan pasien Covid-19 selain demam dan batuk. Tapi, Anda belum berarti terinfeksi virus corona Covid-19 bila mengalami sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan bisa jadi akibat dari berbagai kondisi medis. Kondisi ini dilansir dari Times of India, biasanya menyebabkan rasa sakit, kering atau gatal di tenggorokan akibat infeksi atau faktor lingkungan.

Sakit tenggorokan bisa dibagi menjadi 3 bagian dan bisa dibedakan berdasarkan bagian tenggorokan yang terkena. Sementara faringitis mempengaruhi area tepat di belakang mulut, tonsilitis adalah pembengkakan dan kemerahan pada amandel.

Jenis ketiga adalah laringitis, yaitu pembengkakan yang terjadi di kotak suara. Selain gejala umum flu biasanya, CDC juga telah menyatakan sakit tenggorokan sebagai gejala umum virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Tapi, sakit tenggorokan adalah gejala yang kurang umum dan bisa berbeda-beda pada setiap orang. Sementara itu, virus corona baru adalah penyakit pernapasan, sehingga virus dengan mudah masuk ke hidung dan tenggorokan.

Perbedaan sakit tenggorokan akibat virus corona Covid-19 dan kondisi medis lain

Sakit tenggorokan pada pasien Covid-19 terjadi ketika virus memasuki selaput yang berhubungan dengan hidung dan tenggorokan. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan pembengkakan.

Rasa sakit dan pegal yang dirasakan oleh orang terinfeksi disebut faringitis. Pada kasus flu biasa, sakit tenggorokan dipicu dengan cara yang sama.

Meskipun sakit tenggorokan akibat masalah medis lain terjadi lebih awal, pasien yang Covid-19 akan mengalami sakit tenggorokan dengan gejala yang lebih mendominasi, seperti demam, batuk kering dan kelelahan.

Karena itu, nyeri di daerah tenggorokan dan tanpa disertai gejala lain merupakan radang tenggorokan atau infeksi lain. Tapi, seseorang harus mewaspadai itu sebagai gejala virus corona Covid-19.

 

Berita Terkait

Berita Terkini