Info

Takut Menggemuk selama WFH? Coba Konsumsi 6 Kategori Makanan Ini

Ahli menyarankan untuk mencukupi asupan gizi selama WFH dengan 6 kategori makanan ini.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

sumber nutrisi (shutterstock)
sumber nutrisi (shutterstock)

Himedik.com - Saat bekerja di rumah atau Work From Home (WFH), Anda akan lebih mungkin menjangkau kulkas dan ngemil terus menerus sambil bekerja.

Melansir dari Insider, Samantha Cassetty, RD, pakar nutrisi dan kesehatan nasional yang berbasis di New York City punya tips ampuh agar Anda tak kalap makan dan mengegmuk selama bekerja di rumah.

Dalam hal ini, Cassetty menyarankan untuk fokus pada enam kategori makanan yakni buah-buahan, sayuran, produk susu, protein, lemak, dan biji-bijian. Menurut Cassetty, tidak masalah apakah Anda membeli 6 makanan tersebut dalam versi segar, beku, kalengan, atau kering.

"Pastikan untuk menyediakan makanan segar terlebih dahulu kemudian baru menggunakan makanan tahan lama untuk persediaan bahan makanan," kata Cassetty.

Jika Anda mengkhawatirkan kualitas sayuran dan buah beku, maka tak perlu lagi khawatir karena sebuah studi di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan perbedaan jumlah kandungan antara makanan segar dan beku.

Berikut beberapa kategori makanan terbaik yang disarankan oleh Cassetty, antara lain:

1. Buah

Dalam kategori buah, Cassetty menyarankan Apel, pir, beri beku, mangga kering tanpa pemanis, persik kalengan (kalengan dalam jus), jus jeruk 100 persen.

2. Sayuran

Sayuran yang perlu ada di menu makanan Anda adalah kubis, kubis Brussel, wortel, kacang hijau beku, sayuran tumis beku, tomat kaleng, labu kalengan, hati artichoke kalengan, edamame beku, kangkung, bit, dan keripik wortel

3. Produk Susu

Pada produk susu, Cassetty menyarankan pilihan susu tanpa pemanis, keju keras, keju parut tanpa rasa, dan Greek yogurt.

Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)
Ilustrasi yogurt. (Shutterstock)

4. Protein

Dada ayam segar, telur, udang beku, kacang kalengan atau kering, tuna kalengan dan sarden, pasta kacang arab atau lentil

5. Lemak Sehat

Produk lemak sehat yang disarankan oleh Cassetty adalah kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, almond, pistachio, kemudian lemak biji-bijian seperti seperti chia, rami, biji rami, biji labu, dan biji wijen, alpukat, extra virgin dan minyak alpukat, selai kacang dan biji

6. Biji-bijian

Kategori biji bisa sehat yang disarankan adalah oatmeal, quinoa, beras merah rendah gula, sereal gandum utuh berserat tinggi, kerupuk gandum atau biji-bijian, tepung gandum dan almond.

Berita Terkait

Berita Terkini