Info

Usai Suntik Vaksin Covid-19, Ilmuwan Sarankan Jangan Minum Alkohol!

Ilmuwan menyarankan semua orang jangan minum alkohol selama 3 hari setelah suntik vaksin virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi minum alkohol (Pixabay/jarmoluk)
Ilustrasi minum alkohol (Pixabay/jarmoluk)

Himedik.com - Minuman berlakohol seperti bir, anggur dan vodka perlu dihindari setelah seseorang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Minuman alkohol bisa meredam kemampuan tubuh untuk merespons virus. Sehingga para ahli memperingatkan bahwa menghindari minum alkohol bisa membantu memerangi virus corona.

Vaksin Pfizer adalah vaksin pertama di dunia yang disetujui oleh Inggris untuk melawan virus corona Covid-19. Tapi, pejabat kesehatan Inggris tidak membuat referensi khusus untuk menghindari minum alkohol setelah suntik vaksin.

Seorang ilmuwan Rusia terkemuka yang terlibat dalam pengembangan vaksin Sputnik V mengatakan bahwa vaksin itu sangat disarankan untuk melawan virus corona.

Vaksin Sputnik V membutuhkan waktu 42 hari agar efektif. Menurut Tatiana Golikova, wakil perdana menteri Rusia, pun meminta seseorang harus berhenti minum alkohol setelahnya.

Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)
Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)

Dr Anna Popova, kepala Layanan Federal Rusia untuk Pengawasan tentang Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan Manusia, yang membantu mengoordinasikan tanggapan Rusia terhadap Covid-19.

Ia menyarankan untuk melakukan cold turkey selama dua minggu sebelum suntikan pertama dan selama tiga minggu setelah suntikan vaksin kedua.

Mengingat ada 3 minggu antara dua suntikan vaksin virus corona tersebut, ia menyarankan seseorang berhenti konsumsi minum alkohol selama 8 minggu.

Pejabat kesehatan di Rusia telah meminta masyarakatnya untuk menghentikan konsumsi minuman alkohol setelah suntik vaksin virus corona Covid-19.

"Kami sangat menyarankan untuk menahan diri minum alkohol selama 3 hari setiap suntik vaksin virus corona," kata Dr Alexander Gintsburg, kepala Pusat Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya di Moskow dikutip dari The Sun.

Dr Gintsburg mengatakan penting untuk memahami konsumsi minuman alkohol berlebihan bisa mengurangi kekebalan tubuh secara signifikan. Alkohol juga mengurangi efektivitas vaksin yang membuatnya tidak ampuh melawan virus.

Meskipun sejauh ini tidak ada tim peneliti lain yang memperingatkan untuk menghindari minum alkohol sete;ah suntik vaksin virus corona Covid-19.

 

Berita Terkait

Berita Terkini