Info

Aman Rayakan Natal selama Pandemi Covid-19, Lakukan 5 Langkah Ini!

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari keluarga dari virus corona Covid-19 selama perayaan Natal 2020.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi anak merayakan Natal. (pixabay/6979608)
Ilustrasi anak merayakan Natal. (pixabay/6979608)

Himedik.com - Perayaan Natal 2020 di tengah pandemi Covid-19 akan terasa berbeda dengan tahun sebelumnya. Semua orang harus mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Pemerintah Inggris pun sudah mendesak semua orang untuk meminimalkan acar kumpul-kumpul untuk merayakanan Natal dan melarang orang menginap, karena kasus virus corona terus meningkat.

Apalagi penyebaran virus corona Covid-19 di dalam lingkungan keluarga justru yang lebih tinggi. Sehingga orang perlu membatasi diri karena virus corona masih menjadi ancaman besar pada Natal tahun ini.

Di sisi lain dilansir dari The Sun, ada pula kekhawatiran tentang strain baru virus corona Covid-19 yang mungkin lebih menular. Jadi, penting untuk melakukan semua tindakan pencegahan selama perayaan Natal.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

1. Batasi waktu kunjungan

Semakin lama orang tinggal di dalam rumah Anda atau Anda bertamu, maka makin besar risiko penularan virusnya. Karena itu, lebih baik tidak mengizinkan atau memutuskan untuk menginap.

Anda juga perlu membersihkan permukaan yang sering disentuh, seperti dapur dan kamar mandi untuk mencegah penularan virus corona.

2. Jangan mengundang orang ke rumah

Kebanyakan orang pasti akan mengundangan orang lain untuk datang ke rumah ketika perayaan Natal. Hal ini membuat orang muda justru lebih ebsar risikonya daripada lansia.

Padahal Anda bisa merayakanan Natal bersama tetangga sekitar di teras atau balkon rumah masing-masing. Sehingga tidak akan terjadi kontak fisik dan masih terjaga jaraknya.

3. Ventilasi rumah

Jika Anda merayakan Natal di rumah bersama keluarga, pastikan sirkulasi udara di dalam rumah lancar. Anda bisa membuka pintu dan jendela supaya aliran udara lancar.

Karena, ruangan yang tertutup dengan banyak orang bisa meningkatkan risiko penyebaran virus corona Covid-19 di keluarga.

4. Hindari memeluk orang atau anggota keluarga

Biasanya orang akan refleks memeluk anggota keluarga atau orang lain yang ditemuinya ketika merayakan Natal. Tapi, kebiasaan ini harus dihindari karena berpelukan bisa mempercepat penularan virus corona Covid-19.

Selain memeluk, jabat tangan tidak boleh dilakukan. Anda cukup melambaikan tangan, tersenyum dan berbicara dalam jarak jauh.

5. Rayakan Natal online

Cara paling aman untuk merayakan Natal bersama keluarga dan kerabat adalah online melalui Zoom, WhatsApp atau Skype. Karena, cara ini membantu menghindari kerumunan dan kontak fisik yang bisa menularkan virus corona.

 

Berita Terkait

Berita Terkini