Info

Ampuh Deteksi Virus Corona 15 Menit, Inggris Buat Alat Tes Air Liur

Inggris buat alat tes air liur yang bisa membantu mendeteksi virus corona Covid-19 dalam 15 menit.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Perusahaan Inggris membuat alat tes baru yang bisa mendeteksi virus corona Covid-19 dalam 15 menit. Alat tes virus corona Covid-19 ini mendeteksi lewat air liur.

Perusahaan Vatic mengatakan tes KnowNow-nya yang mengambil sampel air liur untuk deteksi virus corona Covid-19 ini akan lebih nyaman bagi pengguna.

Tes virus corona Covid-19 yang dikembangkan Vatic ini hanya menggunakan kapas yang berfungsi mengumpulkan air liur dari sisi pipi, bukan dari atas hidung.

Kepala eksekutif Alex Sheppard mengatakan tes virus corona melalui air liur ini membuatnya sangat berbeda dengan metode tes lainnya yang sudah berjalan sejauh ini.

Sebuah studi in-house yang telah melakukan percobaan menggunakan 200 alat tes air liur ini tidak menunjukkan hasil positif virus corona Covid-19 yang palsu.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Meski begitu, alat tes virus corona melalui air liur ini masih membutuhkan persetujuan regulasi dan harus menjalani uji klinis pada tahun depan.

"Ini adalah produk yang ditemukan, dirancang dan diproduksi di Inggris," jelas Mr Sheppard dikutip dari The Sun.

Bahan kimia yang terkandung dalam alat tes ini juga berfungsi sebagai tes infeksi. Karena, alat ini hanya mendeteksi virus yang menular dan tidak bisa mendeteksi virus yang tidak menular melalui air liur.

Tes aliran lateral lainnya, seperti tes kehamilan sudah digunakan untuk mendeteksi virus corona Covid-19. Para ahli di Public Health England dan Oxford University pun mengatakan tes melalui air liur ini tidak seakurat tes laboratorium.

Berita Terkait

Berita Terkini