Info

Update Covid-19 Global: Virus Corona Sudah Sampai Antartika!

Setidaknya 58 orang yang berada di dua pangkalan militer di Antartika atau di kapal angkatan laut yang pergi ke benua itu dinyatakan positif terkena virus corona.

Yasinta Rahmawati

Virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Hampr setahun melanda dunia, dilaporkan virus corona Covid-19 telah mencapai Antartika, benua terakhir yang ditemukan terpapar infeksi Covid-19.

Pihak berwenang Chili mengumumkan, setidaknya 58 orang yang berada di dua pangkalan militer di Antartika atau di kapal angkatan laut yang pergi ke benua itu dinyatakan positif terkena virus corona.

Sejauh ini tidak ada negara lain di Antartika yang secara terbuka melaporkan kasus lain. Tentara Chili mengumumkannya pada Senin (21/12) bahwa 36 orang di pangkalan Antartika Jenderal Bernardo O'Higgins Riquelme telah dinyatakan positif.

Kemudian pada Selasa (23/12) menteri kesehatan untuk wilayah Biobio di Chili menyatakan ada 21 infeksi baru yang melibatkan orang-orang di atas kapal Sersan angkatan laut Chili, kapal pemasok Aldea.

"Satu kasus lagi dilaporkan di desa Las Estrellas, tempat tinggal personel sipil yang bekerja di Pangkalan Angkatan Udara Letnan Rodolfo Marsh Martin," kata Eduardo Castillo, sekretaris kesehatan regional untuk wilayah Magallanes, yang mengawasi operasi Chili di Antartika, dikutip dari Channel News Asia.

Kapal Sargento Aldea itu dikabarkan berlabuh di desa tersebut. Tentara mengatakan kelompok pertama yang terdiri dari 36 orang, termasuk 26 anggota militer dan 10 pegawai sipil, dari sebuah perusahaan kontrak pemeliharaan. Dikatakan sejauh ini tidak ada yang menunjukkan komplikasi.

Michelle Rogan-Finnemore, sekretaris eksekutif Dewan Manajer Program Antartika Nasional, mengatakan pihaknya menerima laporan dari Chilean Antarctic Institute pada Jumat (18/12) tentang kasus positif di atas kapal Sersan Aldea yang akan turun di pelabuhan dari Punta Arenas dan Talcahuano di daratan Chili.

“Kami belum menerima informasi formal lebih lanjut,” tambahnya.

Tiga orang pertama di kapal Sersan Aldea dinyatakan positif minggu lalu dan 208 anggota awak sedang dikarantina di atas kapal itu, menurut angkatan laut.

Dikatakan kapal itu telah melayani pangkalan di Semenanjung Trinity antara 27 November dan 10 Desember.

Sementara itu, dikutip dari situs worldometers.info, total infeksi baru diseluruh dunia yang dilaporkan tercatat 565.342 kasus dalam 24 jam terakhir. Hingga 23 Desember pukul 00.52 GMT atau 07.53 WIB total keseluruhan kasus Covid-19 di dunia mencapau 78.306.820 infeksi sejak awal wabah terjadi di Wuhan, China.

Terdapat 12.658 jiwa meninggal dunia dalam 24 jam terakhir. Sehingga total kematian akibat infeksi virus corona mencapai 1.722.326 jiwa. Sedangkan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 55.076.294 orang. Jumlah kasus aktif Covid-19 hingga saat ini masih ada 21.508.200 infeksi.

Berita Terkait

Berita Terkini