Info

Menjaga Kesehatan saat Pandemi Covid-19, Simak Tips Dokter Sonia Wibisono

Dr. Sonia Wibisono, yang membagikan tips menjaga kesehatan keluarga di tengah pandemi Covid-19.

Yasinta Rahmawati

talkshow virtual ‘Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’
talkshow virtual ‘Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’

Himedik.com - Tokopedia bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK DKI Jakarta menghadirkan talkshow virtual "Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga" melalui kanal Youtube Tokopedia pada Rabu (22/12/2020).

Acara ini menghadirkan dokter dan entrepreneur, dr. Sonia Wibisono, yang membagikan tips menjaga kesehatan keluarga di tengah pandemi Covid-19.

Dr. Sonia mengatakan, di saat seperti ini sebaiknya urungkan dulu niat untuk diet, terlebih jika berat badan sudah di batas normal, kecuali jika badan sudah terlampau gemuk. "Kita harus benar-benar menjaga daya tahan tubuh kita di saat pandemi ini," jelasnya.

Ia pun memberi 4 tips menjaga kesehatan saat new normal pandemi Covid-19. Pertama, olahraga secara rutin. Berolahraga minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per sesi.

Meski new normal sudah memperbolehkan untuk beraktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk olahraga di rumah saja. Namun bagi yang suka berlari, ia memperingatkan untuk hati-hati karena ada risiko bahaya untuk tumit dan lutut.

talkshow virtual ‘Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’
talkshow virtual ‘Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’

"Jadi sebaiknya disarankan untuk jalan cepat saja, ini adalah olahraga yang paling baik. Senam, yoga, pilates juga pilihan bagus untuk kesehatan, melancarkan darah serta melampiaskan stres," ungkapnya.

Kedua, mengonsumsi makanan sehat. Untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi tercukupi, bisa dilakukan dengan memasak makanan sehat sendiri. Makanan yang akan dikonsumsi tentu harus memenuhi gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

"Lemak penting juga, tapi pilih dari mana yang baik. Seperti lemak tidak jenuh alpukat dan kacang-kacangan. Lemak juga penting untuk hormon, tapi jangan lemak yang bikin sumbatan pembuluh darah," jelasnya.

Ketiga, meluangkan waktu untuk me time. Stres saat pandemi bisa bisa memberi efek buruk pada sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menyebabkan sakit.

Untuk itu, mengalokasikan sedikit waktu untuk me time agar mental tetap sehat diperlukan. Tak mesti keluar rumah, me time bisa dilakukan di rumah lewat hal-hal sederhana yang membuat Anda rileks.

Contohnya seperti membaca buku, mendengarkan musik, menyalakan lilin-lilin aroma terapi, menonton film hingga memasak.

Keempat, selalu menjaga kebersihan. Supaya tidak mudah terserang virus maupun jatuh sakit selama pandemi, tetaplah menjaga kebersihan terutama beraktivitas di luar ruangan.

Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker tiap keluar rumah, mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen. Jika tangan kering, pakai pelembap setelahnya.

"Anda juga perlu memperhatikan kebersihan benda di sekitar. Caranya bisa Anda lakukan dengan menyemprotkan LAVME disinfektan spray organic foodgrade pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keran air atau saklar lampu," tambahnya.

Selain dr. Sonia Wibisono, acara ini menghadirkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati, Head of Category Development (Mom & Baby, Baby & Kids Fashion and Home & Living) Tokopedia, Najunda Jusuf dan Stella Elvina, Pemilik Usaha OMO! Healthy Snack.

Berita Terkait

Berita Terkini