Info

Orang Sehat Bisa Alami Gejala Aneh Virus Corona, Kenali Cirinya!

Virus corona Covid-19 bisa menyebabkan gejala aneh pada orang yang sehat.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Orang yang memiliki masalah kesehatan memang berisiko mengalami gejala parah akibat virus corona Covid-19. Tapi, virus corona ini bisa menyerang siapa pun, termasuk orang yang sehat.

Beberapa gejala pun bisa membuat penderita tidak mampu melakukan aktivitas ringan. Tapi, hal itu tidak selalu benar. Karena, komplikasi dan gejala buruk virus corona Covid-19 bisa menyerang siapa pun.

Seperti Ellen Degeneres, seorang selebritas Hollywood yang positif virus corona Covid-19 baru-baru ini berbicara tentang mengalami beberapa gejala tak biasa.

Berikut ini dilansir dari Times of India, gejala virus corona Covid-19 tak biasa yang bisa dialami oleh orang sehat secara fisik.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

1. Mialgia dan nyeri punggung

Mialgia atau nyeri otot menjadi faktor umum dari penggandaan virus corona yang cepat di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan nyeri otot dan kedinginan di persendian serta otot.

Selain itu, nyeri punggung, nyeri sendi dan pembengkakan bisa sangat umum selama puncak infeksi yang membengkak dan menyebabkan banyak ketidaknyamanan.

Nyeri dan peradangan bisa dialami pada banyak area sensitif dan kaya pembuluh darah karena virus corona bisa menyebar melalui aliran darah serta menyebabkan infeksi jaringan vital.

2. Degenerasi fisik dan penurunan berat badan

Serangan virus corona Covid-19 bisa membuat Anda lelah dan kehilangan nafsu makan. Pada pasien dengan gejala Covid-19 parah bisa mengalami penurunan berat badan sebagai efek sampingnya.

Mereka juga bisa mengalami kehilangan stamina, massa otot, asupan makanan berkurang drastis dan kelemahan ekstrim. Penurunan berat badan juga merupakan gejala peradangan cepat atau infeksi kronis yang ada di tubuh.

3. Lonjakan tekanan darah

Pembekuan darah yang berlebihan dan hipertensi bisa menjadi dua tanda virus corona parah, karena sering tidak dikenali. Padahal virus corona Covid-19 bisa masuk melalui aliran darah dan membekukan arteri, lapisan dada dan jantung yang bisa mengganggu aliran darah beroksigen.

4. Trombosis dan mati rasa tungkai

Pembekuan darah dapat menyebabkan komplikasi lain yang berbahaya, yakni trombosis vena dalam kaki dan masalah tungkai yang bisa menyebabkan masalah jangka panjang.

Gejala aneh ini lebih umum dialami oleh mereka yang berusia lebih tua dan rentan mengalami peradangan kronis. Di sisi lain, banyak juga yang mengeluhkan anggota tubuh mati rasa, kulit berkedut.

5. Saturasi oksigen

Hipoksia termasuk salah satu gejala aneh virus corona Covid-19, tapi termasuk tanda paling fatal dari keparahan Covid-19 yang menyerang individu.

Sementara tingkat oksigen di bawah 90 dikatakan berbahaya, beberapa orang tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan pada tingkat saturasi oksigen yang sangat rendah dan komplikasi mematikan.

Berita Terkait

Berita Terkini