Info

Cobalah Rutin Makan Sayur Bayam, Ini Efeknya pada Tekanan Darah Tinggi!

Tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan penyakit kronis bisa diatasi dengan mengonsumsi makan sayur bayam.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Bayam. (pixabay/ponce_photography)
Bayam. (pixabay/ponce_photography)

Himedik.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi termasuk silent killer, yang membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Kondisi ini bisa menyebabkan arteri kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku atau sempit. Pada akhirnya, tekanan darah tinggi juga bisa memicu penyakit mematikan, seperti penyakit jantung.

Tetapi, Anda bisa mencegah dan menjaga kesehatan jantung dengan mencari cara untu menurunkan tekanan darah. Makanan tertentu dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sayur bayam telah terbukti mampu mengurangi tekanan darah tinggi dan efeknya berkaitan dengan kandungan nitrat yang tinggi pada bayam.

Nitrat adalah senyawa alami yang terbukti membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)
Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

Dalam sebuah penelitian pada 27 orang, mereka yang mengonsumsi 16,9 ons bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi asparagus dengan nitrat rendah.

Tekanan sistolik dan diastolik adalah dua angka yang digunakan untuk mencatat tekanan darah tinggi seseorang.

Apalagi makan bayam juga menurunkan kekakuan arteri, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Bayam juga mengandung magnesium, yang bisa memberikan efek positif pada tekanan darah tinggi. Magnesium inilah yang membantu mengatur ratusan sistem tubuh, termasuk tekanan darah, gula darah, fungsi otot dan saraf.

"Kita membutuhkan magnesium untuk membantu pembuluh darah rileks dan untuk produksi energi serta perkembangan tulang," jelas Harvard Health dikutip dari Express.

Hal penting lainnya dalam menurunkan tekanan darah tinggi adalah perhatikan asupan garam. Karena, diet tinggi garam bisa mengganggu keseimbangan natrium alami dalam tubuh.

"Hal ini menyebabkan tubuh menahan air, yang meningkatkan tekanan mendorong darah ke dinding pembuluh," jelsnya.

NHS pun merekomendasikan ntuk makan kurang dari 6 gram (0,2 ons) garam sehari, yaitu sekitar satu sendok teh.

"Konsumsi makanan rendah lemak yang mengandung banyak serat, seperti nasi gandum utuh, roti dan pasta serta banyak buah dan sayur juga membantu menurunkan tekanan darah," tambahanya.

Berita Terkait

Berita Terkini