Info

Cek Sekarang! Begini 5 Tanda Kekebalan Tubuh Anda sedang Lemah

Kekebalan tubuh bisa lemah di waktu tertentu dengan menimbulkan berbagai tanda.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

ilustrasi sakit (shutterstock)
ilustrasi sakit (shutterstock)

Himedik.com - Imunitas atau kekebalan tubuh sangat penting karena menjadi tameng atau penghalang pertama masuknya infeksi penyakit dan virus.

"Jika Anda terus mengalami infeksi berulang, Anda mungkin menderita sistem kekebalan yang lemah," kata ahli penyakit dalam Louis Malinow, MD pada Insider.

Penyebab paling umum dari sistem kekebalan yang lemah adalah usia, tetapi itu bukan satu-satunya faktor potensial. Di luar usia, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan.

"Tidur yang tidak cukup adalah penyebab lain yang sangat umum dari sistem kekebalan yang melemah dan tidur malam yang buruk juga merusak kekebalan," imbuhnya.

Melansir dari Insider, ada beberapa kondisi yang menandakan bahwa Anda memiliki kekebalan tubuh lemah, antara lain:

1. Infeksi Berulang dan Berkepanjangan

Tugas sistem kekebalan adalah mengidentifikasi, menargetkan, dan menghancurkan virus, bakteri, dan sel yang asing dalam tubuh. Jika seseorang sering sakit, maka bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalannya mungkin tidak berfungsi dengan baik.

2. Kelelahan Terus Menerus

Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang rumit antara sistem saraf dan kekebalan. Ketika sistem kekebalan tidak bekerja dengan baik, sistem tersebut mengalami ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan kelelahan kronis.

3. Ruam dan Iritasi Kulit

Kulit merupakan organ yang berinteraksi dan bergantung pada sistem kekebalan tubuh seperti halnya organ lainnya. Respon imun yang melemah dikaitkan dengan berbagai kondisi kulit termasuk dermatitis kontak (reaksi alergi) dan psoriasis (kondisi autoimun).

Tubuh ruan. (Shutterstock)
Tubuh ruan. (Shutterstock)

4. Masalah Perut

Sistem kekebalan yang lemah berpotensi menyebabkan masalah usus seperti sindrom iritasi usus besar.

5. Penyembuhan Luka Lambat

Sistem kekebalan memainkan peran kunci dalam penyembuhan luka. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sistem kekebalan yang melemah akan dikaitkan dengan penyembuhan luka yang lambat.

Berita Terkait

Berita Terkini