Info

Sering Pakai Masker Bisa Picu Iritasi Mata, Ini 5 Cara Mengatasinya!

Jika Anda merasakan sensasi terbakar di mata setelah memakai masker dalam waktu lama, maka Anda tidak sendirian.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Himedik.com - Sejak pandemi virus corona Covid-19, semua orang disarankan memakai masker untuk melindungi diri. Pemakaian masker dinilai sebagai langkah paling efektif mencegah penularan virus corona.

Namun, masker wajah memiliki beberapa efek samping yang tidak terlalu baik, seperti maskne, masalah gigi dan sesak napas.

Kini, ada tambahan baru bahwa pemakaian masker juga bisa menyebabkan iritasi mata. Jika Anda merasakan sensasi terbakar di mata setelah memakai masker dalam waktu lama, maka Anda tidak sendirian.

Banyak orang mengunjungi dokter mata dengan masalah mata berkabut, iritasi dan kekeringan akibat penggunaan masker selama pandemi virus corona.

Sebenarnya, dilansir dari Times of India, masalah mata secara mencolok disebabkan oleh penggunaan masker yang salah. Saat masker tidak pas atau hidung terbuka, udara hangat yang melewati batas masker akan mengeringkan mata.

Ilustrasi mata (pixabay)
Ilustrasi mata (pixabay)

Hal ini bisa membuat mata kering, menyebabkan radang mata dan meningkatkan stres oksidatif. Sebelumnya, masyarakat mengeluhkan masalah kacamata berkabut akibat pemakaian masker yang sempat menimbulkan iritasi ringan.

Namun, masalah baru pada mata ini muncul lebih kompleks daripada sebelumnya. Bahkan ada orang yang mengalami masalah mata akibat penggunaan masker berkepanjangan, seperti infeksi kelopak mata akibat bakteri, kerusakan kornea, iritasi seperti alergi dari deterjen pada masker, bintitan, dan saluran air mata tersumbat.

Pada teori lain, iritasi mata juga bisa disebabkan oleh stres dan kecemasan terkait pandemi virus corona Covid-19. Jika Anda juga menderita masalah kesehatan mata, berikut ini beberapa cara melindunginya.

1. Pakai masker dengan benar

Udara panas yang dikeluarkan melalui hidung bisa lebih mudah mengganggu mata, menyebabkan kekeringan dan iritasi. Sehingga hal pertama yang bisa dilakukan adalah memperbaiki pemakaian masker dengan benar.

Masker hanya efektif jika digunakan dengan benar. Jika Anda masih memiliki celah atau masker hanya menutupi bagian hidung, maka hal itu tidak hanya meningkatkan risiko infeksi tetapi juga masalah mata.

2. Beli masker dengan bahan yang cocok dan pas

Ada berbagai jenis masker yang tersedia di pasaran. Namun, Anda harus beli masker yang ukurannya pas dan bahannya berpori. Jika masker terlalu besar hingga menyentuh mata, maka goresan dan iritasi adalah hal yang normal.

Jika bahan masker kaku, cucilah beberapa kali untuk melembutkannya. Selain itu, hati-hatilah ketika memakai dan melepas masker, pastikan tidak menyentuh mata.

3. Jangan abaikan ketidaknyamanan mata

Jika Anda mengalami iritasi atau ketidaknyamanan apapun, seperti mata kering atau iritasi. Maka gunakanlah beberapa tetes mata dan beristirahatlah secara teratur dari kayar untuk mencegah masalah lebih buruk.

4. Jangan menyentuh mata

Saat menggunakan masker, jangan pernah menyentuh mata. Udara hangat yang dikeluarkan dari hidung mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman, tapi jangan pernah menyentuh mata.

Karena, tangan mengandung berbagai jenis bakteri yang bisa berpindah ke mata dan menyebabkan iritasi serta mata kering. Jadi, jauhkan tangan dari wajah.

5. Kompres mata

Anda juga bisa menggunakan kompres hangat untuk meredakan iritasi mata. Basahi kain bersih atau flanel dengan air hangat dan letakkan di kelopak mata tertutup selama beberapa menit.

Kehangan air bisa membantu merangsang kelenjar air mata di kelopak mata untuk menghasilkan lebih banyak cairan dan minyak serta melumasi mata.

Berita Terkait

Berita Terkini