Info

Hubungan Seks Terasa Sakit karena Endometriosis, Coba 5 Posisi Seks Ini!

Beberapa posisi seks bisa membantu wanita yang memiliki masalah endometriosis agar lebih nyaman ketika berhubungan seks.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bercinta. (unsplash)
Ilustrasi bercinta. (unsplash)

Himedik.com - Endometriosis merupakan salah satu penyakit yang umum dialami wanita. Endometriosis adalah kondisi peradangan kronis yang terjadi ketika jaringan mirip dengan lapisan dalam rahim tumbuh di luar rahim.

Terkadang, jaringan ini bisa menghalangi seseorang ketika berhubungan seks. Sehingga wanita hampir tidak bisa menikmati hubungan seksnya dengan pasangan.

Misalnya, bila jaringan tumbuh di belakang vagina atau antara vagina dan bagian depan rektrum. Maka, penetrasi dan gerakan seks lainnya bisa mergangkan atau menariknya.

Sehingga, gerakan seks ini akan menimbulkan rasa sakit luar biasa. Kekeringan vagina yang disebabkan oleh pengobatan hormon atau histerektomi juga bisa menyebabkan rasa sakit.

"Rasa sakit dan jaringan parut yang terkait dengan endometriosis bisa membuat panggul wanita merasa kontraksi dan tegang setiap waktu," kata Lucky Sekhon, MD, ahli endokrinologi reproduksi dan infertilitas di RMANY, pusat IVF yang berbasis di NYC.

Ilustrasi berhubungan seks (Unsplash/Becca Tapert)
Ilustrasi berhubungan seks (Unsplash/Becca Tapert)

Lesi infiltratif dalam dapat menyebabkan kondisi yang disebut dispareunia, yang ditandai dengan rasa sakit hebat ketika penetrasi.

Pada orang yang memiliki bentuk endometriosis lebih ringan dan tidak berdampak pada panggul dalam atau bawah, mungkin rasa sakitnya tidak terlalu parah.

Namun, dilansir dari Insider, ada beberapa posisi seks yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat endometriosis.

1. Woman on Top

Posisi seks ini membantu wanita mengontrol kecepatan dan kedalaman penetrasi selama berhubungan seks. Selain itu, posisi 'woman on top' juga memudahkan akses langsung ke klitoris yang membantu meningkatkan gairah.

2. Cowgirl

Posisi seks cowgirl dilakukan dengan cara pria berbaring dan Anda berada di atas, tetapi menghadapi kakinya. Sama halnya dengan posisi 'woman on top', Anda masih bisa mengontrol kedalaman dan kecepatan penetrasi sesuai keinginan untuk mengurangi rasa sakit.

3. Doggy style

Posisi sesk 'doggy style' sambil berdiri atau berlutut mungkin terasa sakit bagi Anda penderita endometriosis. Namun, Anda masih bisa melakukannya dengan posisi berbaring dan Anda bisa menambahkan bantal untuk mangganjal jika diperlukan.

Pada posisi 'doggy style' berbaring tengkurap ini, pasangan juga bisa mencium leher atau punggung untuk merangsang.

4. Menyendok

Jika posisi 'doggy style' terasa menyakitkan, Anda bisa melakukan posisi mirip 'doggy style', tapi dengan tubuh berbaring ke samping atau yang disebut posisi menyendok.

Anda dan pasangan berbaring menyamping ke arah yang sama untuk melakukan penetrasi. Selain lebih santai dan tidak melelahan, posisi ini juga membantu Anda menikmati hubungan seks tanpa rasa sakit.

5. Teratai

Mintalah pasangan duduk bersila di tempat tidur, lantai atau manapun yang paling nyaman. Lalu, Anda duduk di atasnya berhadapan untuk melakukan hubungan seks dengan posisi teratai.

Anda bisa melingkarkan kaki di sekitar tubuh pasangan agar hubungan seks lebih nyaman. Posisi ini juga membantu pasangan melakukan penetrasi tanpa membuat Anda kesakitan.

Berita Terkait

Berita Terkini