Info

Tak Perlu Khawatir Bersin sebagai Gejala Virus Corona, Ini Kata Ahli!

Ahli mengatakan semua orang tak perlu mengkhawatirkan bersin sebagai gejala virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bersin. (Pixabay/Mojpe)
Ilustrasi bersin. (Pixabay/Mojpe)

Himedik.com - Gejala virus corona Covid-19 bisa terjadi secara bertahap, dari ringan hingga parah. Banyak orang masih kebingungan mengenali gejala virus corona karena menyerupai gejala flu dan alergi musiman.

Sedangkan, demam, batuk kering, kelelahan, hilangnya indra penciuman dan perasa serta komplikasi medis lain bisa mengindikasikan virus corona Covid-19.

Tetapi dilansir dari Times of India, para ahli mengatakan ada beberapa gejala yang tak perlu dikhawatirkan dan bisa diabaikan, seperti bersin.

Bersin tidak hanya gejala lain virus corona, tetapi juga bisa dikaitkan dengan kondisi medis lainnya. Bersin adalah pengeluaran udara yang kuat dan tidak disengaja untuk menghilangkan penyebab iritasi dari hidung dan tenggorokan.

Sedangkan bersin yang disertai pilek, batuk dan demam baru bisa dikaitkan sebagai gejala infeksi virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jika Anda hanya mengalami bersin, maka itu bukan tanda virus corona Covid-19. Bahkan CDC juga tidak mencantumkan bersin sebagai gejala virus corona.

CDC mengatakan bersin dianggap sebagai gejala umum dari flu. Jika Anda menderita pilek dan demam ringan, kondisi ini biasanya disertai sakit tenggorokan dan bersin.

Selain itu, bersin juga bisa dipicu oleh alergi musiman. Dalam analisis komparatif antara virus corona dan alergi musiman, CDC mengklaim bahwa bersin bisa menjadi gejala alergi musiman yang lebih mungkin daripada virus corona.

Bersin juga bisa terjadi karena perubahan lingkungan. Menurut para ahli, udara dingin dan kering bisa mengiritasi saluran hidung dan menyebabkan bersin.

Sehingga bersin adalah kondisi umum, yang dengan sendirinya tidak bisa mengindikasikan seseorang terinfeksi virus corona Covid-19 atau tidak.

Sejak awal pandemi virus corona Covid-19, orang-orang telah mengalami gejala yang berbeda dan bervariasi. Meskipun daftarnya terus bertambah dan beberapa gejala yang umum tetap sama.

Adapun beberapa gejala virus corona yang paling klasik, termasuk demam, batuk kering, sakit tenggorokan, hidung berair dan tersumbat, nyeri dada serta sesak napas.

Berita Terkait

Berita Terkini