Info

Jangan Lama-Lama, Begini Cara Mengelola Stres Menurut Pakar!

Meski pemicunya terkadang tampak sepele, stres justru berdampak besar pada kesehatan keseluruhan.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi stres - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi stres - (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Pikiran yang membuat stres merupakan bagian normal manusia. Meski pemicunya terkadang tampak sepele, efeknya pada tubuh kita justru sebaliknya.

Stres dapat membuat kita tidak nyaman dan sakit secara mental maupun fisik. Menemukan cara mengelolalnya sangat penting dalam mempertahankan gaya hidup yang sehat.

Melansir Health, berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres, baik secara instan maupun seiring waktu:

1. Membuat daftar hal-hal yang Anda syukuri

Mungkin sulit untuk merasa bersyukur ketika segala hal terasa berat. Tetapi, emnunjukkan rasa terima kasih untuk hal-hal kecil, seperti masih bisa makan atau memiliki tempat untuk tidur, dapat membangkitkan semangat dan mengurangi kecemasan.

Profesor psikiatri di Rumah Sakit Presbyterian NY Sekolah Kedokteran Weill-Cornell, Gail Saltz, MD, merekomendasikan untuk memulainya dengan menulis buku harian yang tertulis daftar hal-hal yang perlu disyukuri pada hari itu.

Ilustrasi penggunaan masker tidur (ANTARA/Shutterstock)
Ilustrasi tidur (ANTARA/Shutterstock)

2. Istirahat

Ahli saraf Matthew P. Walker, PhD, sekaligus penulis Why We Sleep, sangat percaya tidur sebagai kekuatan super manusia.

Menurut studi tentang tidur yang diterbitkan dalam jurnal Nature Reviews Neuroscience menunjukkan orang yang kurang tidur lebih reaktif terhadap rangsangan negatif secara emosional, daripada mereka yang memiliki istirahat malam cukup.

3. Bermain dengan hewan peliharaan

Menurut laman Cleveland Clinic, hanya membelai hewan peliharaan dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.

Survei pada 2016 terhadap dua ribu pemilik hewan peliharaan mengungkapkan 74% peserta mengalami peningkatan kesehatan mental.

Bahwa Selain memberikan bentuk terapi, memiliki hewan peliharaan dapat menambah tingkat struktur, rutinitas, serta latihan tambahan untuk gaya hidup Anda, membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Anak bermain di alam terbuka. (Shutterstock)
Anak bermain di alam terbuka. (Shutterstock)

4. Luangkan waktu di alam terbuka

Menurut sebuah penelitian di International Journal of Environmental Health Research, menghabiskan 20 menit di taman memberikan keajaiban bagi kesejahteraan kita.

Penelitian psikolog Kelly McGonigal, PhD, juga menunjukkan bahwa melihat hal-hal alami bermanfaat untuk mengelola tingkat stres.

Berita Terkait

Berita Terkini