Info

Selain Olahraga, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kecantikan kulit.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi menu makanan sehat, ilustrasi makan buah. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Tubuh langsing dan kulit cantik adalah keinginan banyak wanita. Mereka pun rela melakukan berbagai perawatan untuk menurunkan berat badan.

Tapi, ahli diet Lola Biggs mengatakan ada sejumlah makanan yang bisa membantu meningkatkan kecantikan sekaligus menurunkan berat badan.

Anda pasti sudah paham bahwa makan terlalu banyak makanan olahan, seperti daging dan gorengan buruk bagi kesehatan dan bisa menghambat penurunan berat badan.

Lola mengatakan ada makanan tertentu yang bisa dimasukkan ke dalam menu diet untuk menjaga tingkat energi serta membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini dilansir dari The Sun, lima jenis makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kecantikan menurut Lola.

Kunyit. (Shutterstock)
Kunyit. (Shutterstock)

1. Kunyit

Lola Biggs mengatakan menambahkan bumbu masakan bisa membantu rencana menurunkan berat badan, seperti kunyit.

Karena, kunyit mengandung antioksidan, antiinflamasi, peningkat kolagen yang membantu melindungi kulit dari antipenuaan dini, penyembuhan kulit dan pembaruan sel, dan meningkatkan sirkulasi yang baik di kulit.

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa kunyit memiliki peran dalam menurunkan berat badan. Para ahli menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kunyit dua kali sehari menyebabkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh (BMI) serta lingkar pinggang dan pinggul yang signifikan.

2. Sayuran

Sayuran adalah satu komponen yang harus ada dalam menu makanan sehari-hari Anda. Karena, kulit membantu menjaga pola makan, membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

Contohnya brokoli, yang mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, seperti vitamin A, C dan seng. Ada pula kandungan luetin yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif sebagai penyebab kulit kering dan keriput.

Brokoli juga termasuk sayuran yang paling baik dimasukkan ke menu diet, karena membantu menurunkan berat badan dan ini termasuk karbohidrat tinggi serat. Sehingga sayuran ini bisa mencegah sembelit dan menjaga kadar gula darah rendah.

sayuran, vegetarian (Pixabay/congerdesign)
sayuran, vegetarian (Pixabay/congerdesign)

3. Lemak sehat

Salah satu makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat. Karena, alpukat penuh dengan antioksidan yang membantu melawan penuaan, tetapi alpukat juga bagus untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fokus mental.

"Sumber vitamin E yang luar biasa adalah alpukat. Buah ini bisa melindungi dari radikal bebas, memiliki manfaat anti-inflamasi yang hebat dan membantu mencegah kerusakan kulit," kata Lola.

Alpukat juga tinggi serat yang membantu metabolisme dan menurunkan berat badan. Bahkan buah ini juga membantu memperbaiki kerusakan pada kulit dan rambut.

4. Beri

Buah beri adalah sumber vitamin C terbaik yang bisa ditambahkan ke puding atau diolah sebagai selai. Lola mengatakan buah beri seperti blueberry, bilbery, elderberry dan redcurrant yang penuh antioksidan dan bersifat peremajaan.

Sehingga buah beri bisa melawan radikal bebas yang menyerang kulit dan mengatasi penuaan dini. Buah beri juga rendah kalori yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan berat badan.

5. Ikan

Lola mengatakan ikan berminyak juga bisa membantu melawan peradangan, seperti salmon, trout, mackerel dan sarden. Semua ikan itu mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi dan membantu kulit tampak awet muda serta berkilau.

Sebuah studi terbaru oleh Journal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases juga menunjukkan bahwa makan ikan rutin bisa membantu menurunkan berat badan, tidak seperti daging sapi atau babi.

Berita Terkait

Berita Terkini