Info

Strain Baru Virus Corona, Cek Gejalanya Lewat Kuku dan Daun Telinga!

Gejala infeksi strain baru virus corona Covid-19 bisa dicek melalui kuku jari tangan dan daun telinga, yang mampu mendeteksi kadar oksigen dalam darah.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kuku, jari tangan. (Pixabay)
Ilustrasi kuku, jari tangan. (Pixabay)

Himedik.com - Strain baru virus corona Covid-19 yang ditemukan pertama kali di Inggris diduga telah menyebabkan lonjakan kasus. Tapi, sekarang ini belum ada bukti bahwa varian baru itu lebih berisiko menyebabkan kematian atau tidak.

Ada perkiraan bahwa strain baru virus corona 70 persen lebih menular daripada varian sebelumnya. Sehingga, sangat penting untuk memperhatikan gejala peringatannya dan mengisolasi diri ketika sudah terinfeksi.

Dalam hal ini, Anda bisa memperhatikan gejala infeksi strain baru virus corona Covid-19 dari kuku dan daun telinga. Bagian tubuh ini memberikan sinyal kuat mengenai kadar oksigen dalam darah Anda.

Karena, virus corona Covid-19 dan risiko terkait bisa menyebabkan kadar oksigen dalam darah turun ke tingkat yang mengkhawatirkan.

Anda bisa memantau kadar oksigen menggunakan pulse oximeter, yakni sensor sederhana tanpa rasa sakit yang menyinari kuku atau daun telinga untuk mengetahui banyaknya oksigen dalam darah.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

"Jika Anda menderita virus corona Covid-19, dokter mungkin akan memberikan oksimeter untuk digunakan di rumah," jelas badan kesehatan yang membuat aplikasi Studi Gejala Covid-19 dikutip dari Express.

Tapi, pihaknya mengingatkan untuk berhati-hati dalam membeli oksimeter denyut secara online atau mengandalkan fungsi pemantauan oksigen dari smartwatch atau sensor SpO2, karena alat itu mungkin tidak akurat.

Adapun cara menggunakan oksimeter denyut, antara lain:

  1. Hapus semua pernis kuku, kotoran atau kuku palsu sebelum menggunakan oksimeter
  2. Nyalakan oksimeter dan pastikan ada cahaya yang bersinar di antara klip
  3. Jepitkan perangkat di salah satu jari atau daun telinga Anda. Pastikan cahaya menyinari langsung melalui bantalan kuku atau daun telinga
  4. Tunggu beberapa detik sampai hasilnya muncul di layar
  5. Lakukan pembecaan setelah stabil

Menurut aplikasi Studi Gejala Covid-19, jika saturan oksigen turun kurang dari 95 persen ketika Anda dalam kondisi sehat. Maka, cobalah menarik napas dalam dan ulangi pemeriksaan.

"Jika hasilnya anatara 92 dan 94 persen, mintalah saran dokter atau hubungan rumah sakit darurat," jelasnya.

Jika hasil kadar oksigen dalam darah tetap di bawah 92 persen, kunjungi unit gawat darurat atau ambulans rumah sakit. Pastikan Anda memberi tahu tim medis bahwa ada kemungkinan Anda terinfeksi virus corona.

Berita Terkait

Berita Terkini