Info

Studi: Minum Segelas Wine Sehari Secara Rutin Justru Berbahaya bagi Jantung

Sedangkan minum lebih dari empat gelas sehari dikaitkan dengan peningkatkan risiko gagal jantung.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi minum wine (pixabay)
Ilustrasi minum wine (pixabay)

Himedik.com - Satu studi terbaru menunjukkan bahwa minum satu gelas kecil wine atau anggur sehari dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Studi ini dilakukan oleh European Society of Cardiology. Mereka menganalisis data dari 108 ribu orang di Swedia, Norwegia, Finlandia, Denmark, dan Italia dari 1982 hingga 2010.

Dari hasil analisis, peneliti menemukan orang yang meminum 12 gram etanol, atau setara dengan satu gelas kecil anggur atau bir, mengalami peningkatan risiko fibrilasi atrium sebanyak 16%.

Risiko tersebut bertahan selama 14 tahun ke depan, lapor Insider. Angka tersebut meningkat dengan semakin banyaknya kuantitas alkohol yang dikonsumsi.

Sebab, mereka yang meminum dua gelas sehari memiliki peningkatan risiko 28%. Sementara mereka yang minum lebih dari empat gelas sehari naik menjadi 47%.

ilustrasi bersulang [shutterstock]
ilustrasi minum wine [shutterstock]

Sedangkan minum lebih dari empat gelas sehari dikaitkan dengan peningkatkan risiko gagal jantung.

Fibrilasi atrium (AF) merupakan gangguan irama jantung yang ditandai dengan denyut jantung tidak beraturan dan cepat.

Penderita gangguan ini dapat mengalami gejala lemas, jantung berdebar, serta sesak napas.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko stroke dan gagal jantung. American Heart Association mencatat 15% hingga 20% stroke disebabkan oleh AF.

Peneliti berpendapat studi tentang efek alkohol pada AF ini adalah yang terbesar selama ini, meski temuan 'menantang' gagasan manfaat minum anggur satu gelas sehari yang sudah dipercayai puluhan tahun.

Penulis utama, Renate Schnabel, ahli jantung di Pusat Jantung dan Vaskular Universitas di Hamburg-Eppendorf, Jerman, mengakui bahwa temuannya ini menentang Paradoks Prancis.

"Temuan ini penting karena konsumsi alkohol secara teratur, 'satu gelas anggur sehari untuk melindungi jantung', seperti yang sering dibicarakan mungkin tidak lagi disarankan tanpa menyeimbangkan risiko dan kemungkinan manfaat untuk semua penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk fibrilasi atrium," tandas Schnabel.

Berita Terkait

Berita Terkini