Info

Studi: Punya Tanaman di Rumah Bisa Berdampak Positif pada Kesehatan Mental

Sebuah studi menunjukkan bahwa merawat tanaman di rumah bisa meningkatkan kesehatan mental.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi tanaman di rumah (baomoi)
Ilustrasi tanaman di rumah (baomoi)

Himedik.com - Belakangan merawat tanaman di rumah bisa bermanfaat bagi kesehatan mental. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang disusun oleh Research Group for Urban Nature and Biosystems Engineering (NATURIB), Escuela Técnica Superior of Agricultural Engineering dari University of Seville.

Melansir dari Medical Xpress, penelitan ini menekankan bahwa memiliki tanaman di rumah memiliki pengaruh positif pada kesehatan psikologis pada setiap penghuni rumah teryutama selama pandemi Covid-19. Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Urban Forestry & Urban Greening.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74 persen dari 4.200 responden di 46 negara mengakui bahwa tanaman di rumah pengaruhi kesehatan mental mereka.

Faktanya, lebih dari separuh atau 55,8 persen menyatakan bahwa mereka lebih suka memiliki lebih banyak tanaman di rumah selama masa sulit pandemi Covid-19.

Tanaman hias kaktus. (Unsplash)
Tanaman hias kaktus. (Unsplash)

Frekuensi peserta studi mengalami emosi negatif lebih tinggi pada mereka yang menyatakan tidak memiliki tanaman dalam ruangan.

Mereka yang tinggal di tempat tinggal kecil atau kurang penerangan dan mereka yang tidak sering mengunjungi ruang hijau juga mengalami lebih banyak emosi negatif.

Selain itu, lebih dari setengah responden yakni 52 persen melaporkan menghabiskan lebih banyak waktu untuk perawatan tanaman di rumah selama lockdown dan merasa memiliki energi lebih positif. 

Hasilnya, 40 persen peserta menunjukkan bahwa mereka termotivasi untuk memiliki lebih banyak tanaman di rumah di masa mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini