Info

Jangan Makan Apel Lebih dari 2 Kali Sehari, Ini Dampaknya Pada Tubuh!

Makan buah apel yang kaya nutrisi tidak boleh berlebihan atau lebih dari 2 kali sehari karena akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi buah apel. (Pixabay/pixel2013)
Ilustrasi buah apel. (Pixabay/pixel2013)

Himedik.com - Buah apel memiliki banyak nutrisi, termasuk termasuk vitamin C, serat dan kalium. Semua kandungan dalam buah apel itu  bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi rutin.

Umumnya, seseorang bisa makan satu hingga dua buah apel sehari. Jika Anda mengonsumsi apel lebih dari itu, Anda bisa mengalami beberapa efek samping yang berbahaya dan tidak nyaman.

Berikut ini dilansir dari Times of India, 6 efek buruk terlalu banyak makan apel dalam sehari.

1. Masalah pencernaan

Serat memang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, tapi terlalu banyak serat bisa menyebabkan kembung dan sembelit.

Umumnya, orang membutuhkan antara 20 hingga 40 gram serat per hari, tergantung pada usia dan jenis kelamin mereka. Sedangkan, asupan serat di atas 70 gram sudah tergolong berlebihan.

Buah apel. (Shutterstock)
Buah apel. (Shutterstock)

Meskipun apel tinggi serat, Anda juga perlu memikirkan asupan serat dari makanan lainnya. Karena, makan 2 apel sehari bisa menyebabkan beberapa masalah pencernaan serius.

2. Fluktuasi kadar gula darah

Apel yang kaya karbohidrat bisa membantu memberikan banyak energi sehingga bagus untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Selain itu, apel juga memberikan rasa bahagia karena membantu melepaskan neurotransmiter seperti serotonin.

Tapi, makan terlalu banyak apel bisa menyebabkan lonjakan gula darah karena kaya karbohidrat. Bagi penderita diabetes, terlalu banyak gula dalam bentuk buah-buahan pun bisa memperburuk sensitivitas insulin.

3. Terlalu banyak peptisida

Apel menempati urutan teratas buah dan sayuran dengan residu peptisida tertinggi. Diphenylamine adalah pestisida yang biasa ditemukan pada apel. Artinya, makan apel terlalu banyak dapat menyebabkan asupan bahan kimia yang terlalu banyak.

lemak perut, obesitas, perut buncit (Pixabay/jarmoluk)
lemak perut, obesitas, perut buncit (Pixabay/jarmoluk)

4. Menambah berat badan

Apel penuh dengan karbohidrat yang memberi Anda energi instan. Tapi, terlalu banyak makan apel bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Karena, makan terlalu banyak apel bisa membatasi tubuh Anda dari pembakaran lemak saat untuk menurunkan berat badan.

5. Merusak gigi

Apel adalah buah yang bersifat asam, sehingga terlalu banyak mengonsumsinya bisa merusak gigi. Anda dapat menghindari hal ini dengan mengunyah apel menggunakan gigi belakang atau camilan. Tapi, selama Anda tidak berlebihan atau makan apel cukup sekali sehari tidak akan merusak gigi.

6. Tekanan ekstra pada usus

Apel tidak dianjurkan untuk orang yang sering mengalami kembung atau memiliki masalah lambung. Apel memiliki peringkat lebih tinggi dalam makanan yang mengandung gula dan sulit dicerna.

Berita Terkait

Berita Terkini