Info

Obat Tradisional China Ampuh Atasi Virus Corona Covid-19, Benarkah?

Pengobatan tradisional China tak hanya ampuh mengatasi berbagai penyakit, tetapi juga diyakini bisa melawan virus corona Covid-19 dalam tubuh.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Saat itu pula para ilmuwan dan ahli medis mencari berbagai cara untuk menangani dan melawan virus corona sebelum mewabah luas seperti sekarang.

Ketika para ahli masih mempelajari virus corona ini, orang-orang telah berubah ke perawatan obat yang berbeda dan suplemen penambah kekebalan untuk melawan penyakit tersebut.

Konon dilansir dari Times of India, penelitian baru ini menghasilkan temuan lain yang mengklaim keefektifan pengobatan tradisional China untuk gejala virus corona Covid-19.

Para ahli di Universitas Pengobatan China dan Universitas Pengobatan China Yunnan secara bersama-sama memeriksa obat tradisional China, yang disebut bubuk Yinqiao dalam pengobatan parah COVID-19.

Berdasarkan penelitian fitoterapi, berbagai cara pengobatan tradisional China membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit menular, seperti virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Bubuk Yinqiao merupakan formulasi berbagai khasiat obat yang membantu penyembuhan penyakit pernafasan akut, luka paru, meredakan fibrosis paru dan meningkatkan respons imun terhadap virus corona.

Penderita infeksi saluran pernapasan disertai demam, sakit kepala, radang tenggorokan dan semua gejala virus corona Covid-19 sepertinya bisa diobati dengan cara yang sama.

Bahan aktif dalam obat tradisional China

Bahan utama dalam obat tersebut diidentifikasi dengan bantuan rutin dan hesperidin, kromatografi cair bertekanan tinggi. Hal itu merupakan teknik kimia analitik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengukur setiap komponen dalam campuran.

Sesuai penelitian, bahan aktif dalam bubuk yinqiao atau obat tradisional China adalah luteolin, eriodictyol, quercetin dan naringenin yang membantu memerangi virus mematikan.

Para ilmuwan menggunakan berbagai teknik untuk menganalisis bahan aktif, target dan kemungkinan mekanisme bubuk Yinqiao dalam pengobatan virus corona Covid-19.

Beberapa diantaranya termasuk pemilihan target dan skor DisGeNET, konstruksi jaringan interaksi protein-protein, konstruksi jaringan obat-bahan-gen, penambatan molekuler dan analisis resonansi plasmon permukaan (SPR), analisis jaringan gen, analisis fungsional geneontologi (GO) dan analisis fungsional.

Berita Terkait

Berita Terkini