Info

Warna Dahak Pasien Asma Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan, Cek Sekarang!

Ahli menyebut warna dahak penderita asma bisa jadi tanda masalah kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sakit asma. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit asma. (Shutterstock)

Himedik.com - Orang asma tergolong kelompok yang berisiko mengalami kondisi parah dan mengembangkan komplikasi serius akibat virus corona Covid-19.

Kini, para ahli telah memeringatkan bahwa penderita asma juga harus memperhatikan warna dahaknya, karena bisa menandakan suatu penyakit serius.

Dahak adalah lendir yang dikeluarkan paru-paru dan banyak penderita asma. Barbara, seorang perawat di Inggris mengatakan dahak dan lendir ini berfungsi melindungi tubuh Anda dari infeksi.

"Tapi, dahak yang berubah warna atau jumlahnya banyak bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang sakit dan mungkin telah memengaruhi asma Anda," jelas Barbara dikutip dari The Sun.

1. Dahak berwarna kuning atau hijau

Jika batuk berdahak Anda berwarna kuning atau hijau, Barbara mengatakan ini bisa menjadi tanda infeksi penyakit, seperti flu atau infeksi dada.

"Penyakit ini bisa membuat gejala asam menjadi lebih buruk, jadi sangat penting untuk menggunakan inhaler sebagai tindakan pencegahan setiap hari," jelasnya.

Ilustrasi asma (shutterstock)
Ilustrasi asma (shutterstock)

2. Dahak berdarah

Barbara mengatakan dahak yang disertai darah biasanya disebabkan tekanan pada pembuluh darah jika Anda keseringan batuk. Pada kondisi ini, Anda harus menemui dokter Anda.

3. Dahak berwarna coklat atau hitam

Jika dahak berwarna coklat atau hitam bisa disebabkan oleh keseringan merokok. Dahak berwarna ini juga bisa terjadi pada orang yang menderita PPOK (penyakit paru obstruktif kronik), yang juga menderita asma.

"Saat Anda berhenti merokok setelah 3 hari, peradangan saluran napas akan berkurang dan gejala asma akan berkurang," jelasnya.

Batuk berdahak coklat juga bisa menjadi gejala pneumonia. Karena itu, penting untuk konsultasi dengan dokter bila mengalami gejala tersebut.

4. Dahak putih

Asma UK mengatakan bahwa dahak putih atau bening adalah hal yang normal terjadi. ika Anda mengeluarkan banyak dahak putih atau bening, itu bisa menjadi tanda bahwa saluran udara Anda meradang dan gejala asma memburuk.

"Jika Anda batuk lebih sering daripada biasanya, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa saluran udara Anda meradang dan menyebabkan gejala asma, seperti batuk, mengi, sesak napas atau dada sesak," jelasnya.

Barbara menambahkan bahwa Anda harus menggunakan inhaler untuk membantu menghentikan gejala. Karena, alat bantu ini bisa mengurangi peradangan di saluran udara Anda dari waktu ke waktu.

Berita Terkait

Berita Terkini