Info

Jaga Jantung hingga Pencernaan, Simak 5 Manfaat Pepaya

Buah pepaya disebut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi buah pepaya. (Pixabay/sandid)
Ilustrasi buah pepaya. (Pixabay/sandid)

Himedik.com - Pepaya memang kaya akan nutrisi, sehingg tak mengherankan jika buah tropis yang satu ini disebut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Melansir dari Healthsots, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Prevention & Biomarkers menunjukkan bahwa asupan beta-karoten antioksidan yang ditemukan dalam pepaya menurunkan risiko kanker. Sementara menurut jurnal Molecular Nutrition & Food Research, jumlah enzim papain dan chymopapain yang ada dalam buah pepaya bermanfaat dalam mengurangi peradangan.

Lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat pepaya untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengatur sistem pencernaan

Pepaya mengandung dua enzim proteolitik, papain dan chymopapain yang meningkatkan fungsi pencernaan. Enzim ini membantu memecah dan mencerna protein. Dengan demikian, buah pepaya dikenal sebagai alat bantu pencernaan yang kuat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Pepaya adalah pembangkit tenaga vitamin dan mineral yang mendukung fungsi sistem kardiovaskular. Buah ini juga membantu mengurangi risiko serangan jantung. Kandungan serat, kalium, dan vitaminnya juga meningkatkan kesehatan jantung.

3. Antikanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pepaya memiliki sifat antikanker yang dapat melindungi dari berbagai jenis kanker termasuk serviks, payudara, hati, paru-paru, dan pankreas. Pepaya kaya akan antioksidan seperti likopen, beta-karoten, dan karotenoid, buah ini bekerja mengurangi kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh.

4. Membantu menurunkan berat badan

Buah rendah kalori ini sangat baik untuk menurunkan berat badan. Jika Anda mencari makanan untuk ditambahkan ke dalam program diet Anda, maka pepaya bisa jadi solusinya.  Buah  ini hanya mengandung 43 kalori.

5. Baik untuk kulit

Pepaya dapat membuat kulit Anda bersinar karena membantu mengangkat sel-sel mati. Belum lagi, kandungan betakaroten yang melimpah dalam buah ini membantu mencerahkan warna kulit. Ini juga dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan Anda dapat menggunakannya untuk merawat tumit pecah-pecah.

Berita Terkait

Berita Terkini