Info

Ada 5 jenis Vaksin Covid-19 di Inggris, Ketahui Perbedaan Kemanjurannya!

Inggris hendak memakai 5 jenis vaksin Covid-19 yang tingkat kemanjuran dan kelebihannya berbeda-beda.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

Himedik.com - Vaksin Pfizer adalah salah satu jenis vaksin Covid-19 yang disetujui pertama kali untuk digunakan massal oleh Inggris.

Selain vaksin Pfizer, Inggris juga menggunakan 4 jenis vaksin Covid-19 lainnya yang telah disetujui dan segera siap digunakan.

Total keseluruhan dilansir dari Express, ada 5 jenis vaksin Covid-19 yang hendak digunakan Inggris. Kelima vaksin Covid-19 ini tentunya memiliki kelebihan dan tingkat kemanjuran yang berbeda-beda.

1. Vaksin Pfizer / BioNTech

Vaksin Pfizer ini merupakan jenis vaksin mRNA, yang mengirimkan instruksi berkode ke sistem kekebalan tentang cara memproduksi antigen untuk virus.

Vaksin Covid-19 jenis ini memiliki tingkat efektivitas 95 persen setelah suntikan kedua. Bahkan vaksin ini telah disetujui untuk didistribusikan di Inggris, UE dan Amerika Serikat.

2. Vaksin Oxford / AstraZeneca

Vaksin Oxford merupakan jenis vaksin vektor virus yang menyesuaikan virus flu biasa agar tampak mirip dengan virus corona Covid-19.

Vaksin Covid-19 jenis ini memiliki tingkat efektivitas 90 persen setelah suntikan kedua, Vaksin Oxford juga telah disetujui untuk didistribusikan di Inggris dan UE.

Ilustrasi vaksin (Pixabay/qimono)
Ilustrasi vaksin (Pixabay/qimono)

3. Vaksin Moderna

Vaksin Moderna merupakan jenis vaksin mRNA, seperti vaksin Pfizer. Tapi, vaksin jenis ini memiliki tingkat kekebalan 94 persen setelah suntikan kedua.

Meski begitu, vaksin Moderna telah disetujui untuk didistribusikan di Inggris, UE dan AS. Inggris juga telah memesan 17 juta dosis vaksin Moderna yang akan tiba pada Maret 2021.

4. Vaksin Novavax

Vaksin Novavax merupakan vaksin subunit protein, yang berisi pesan berkode dari sel ngengat untuk meningkatkan respons kekebalan manusia.

Tapi, vaksin Covid-19 jenis ini hanya memiliki tingkat efektivitas 89 persen setelah suntikan kedua. Saat ini, vaksin Novavax masih menunggu persetujuan meskipun uji coba fase III telah selesai.

5. Vaksin Johnson

Vaksin Johnson adalah vaksin vektor virus yang menyesuaikan virus flu biasa agar nampak mirip dengan virus corona Covid-19.

Vaksin Covid-19 jenis ini memiliki tingkat efektivitas 89 persen untuk melawan penyakit serius hanya dengan satu kali suntikan.

Saat ini, uji coba fase III vaksin Johnson sudah selesai, tapi vaksin masih menunggu persetujuan untuk distribusi massal.

Berita Terkait

Berita Terkini