Info

Jangan Pakai Lip Balm Lebih dari 3 Kali Sehari, Ini 4 Bahayanya!

Pemakaian lip balm yang terlalu sering bisa membahayakan kesehatan bibir.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi menggunakan lip balm. (pixabay)
Ilustrasi menggunakan lip balm. (pixabay)

Himedik.com - Sebagian orang mungkin sangat sering menggunakan lip balm sampai lebih dari 5 kali sehari untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Tapi, banyak orang mungkin belum memahami efek samping memakai lip balm setiap saat secara berlebihan setiap hari.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa efek samping penggunaan lip balm secara berlebihan setiap hari.

1. Bibir lebih kering

Menurut ahli kulit, lip balm mengandung bahan yang bisa mengiritasi atau mengeksfoliasi bibir secara berlebihan. Bahan-bahan ini seperti fenol, mentol, wewangian, perasa, asam salisat dan vitamin E. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa 33 persen pasien mengembangkan dermatitis kontak karena vitamin E.

Ilustrasi Bibir (Unsplash/Timothy Dykes)
Ilustrasi Bibir (Unsplash/Timothy Dykes)

2. Bibir iritasi

Spesialis mengonfirmasi bahwa semua orang tak seharusnya memakai lip balm lebih dari 3 kali sehari, yakni saat bangun tidur, setelah makan atau minum dan sebelum tidur.

Jika Anda terlalu sering menggunakan lip balm, Anda mungkin mengalami iritasi atau bintik-bintik kecil yang muncul di sekitar area bibir.

3. Bibir mengendur atau menurun

Beberapa formula lip balm bisa menjadi penghalan untuk mengunci kelembapan, yang menyebabkan bibir Anda bekerja lebih sedikit untuk menjaga tingkat hidrasinya sendiri.

4. Lip balm menjadi adiktif

Beberapa orang mungkin mengaku telah kecanduan memakai lip balm. Direktur Tindakan OCD Joel Rose mengatakan kondisi itu tidak mungkin terjadi.

Karena, seseorang tidak bisa kecanduan lip balm. Sebaliknya, seseorang emnjadi kecanduan mekanisme menenangkan yang kita dapatkan dari penggunaan lip balm.

Berita Terkait

Berita Terkini