Info

Seberapa Efektif Vaksin Valneva untuk Virus Corona Covid-19?

Vaksin Valneva adalah vaksin Covid-19 produksi perusahaan Prancis yang diharapkan bisa mengatasi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

Himedik.com - Sebuah perusahaan di Prancis, Valneva juga memproduksi vaksin Covid-19. Vaksin Valneva ini pun menggunakan pendekatan yang berbeda untuk beberapa pesaingnya di seberang Atlantik.

Sejauh ini, vaksin Covid-19 yang paling efektif mengandalkan mRNA seperti vaksin Moderna dan vaksin Pfizer.

Vaksin Covid-19 dengan mRNA ini melatih materi genetik untuk menghasilkan protein yang bisa menyebabkan respons imun.

Vaksin Covid-19 dengan mRNA ini juga sudah terbukti efektif 90 hingga 95 persen efektif mencegah infeksi virus corona Covid-19 dengan perlindungan tambahan dari beberapa varian baru.

Vaksin Covid-19 lain yang sangat efektif dibuat oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca menggunakan DNA untuk melatih tubuh.

Para peneliti menggunakan virus flu yang dimodifikasi bernama adenovirus, yang biasa ditemukan pada kera untuk membawa instruksi ini ke DNA dan menghasilkan lonjakan protein.

Hasilnya, vaksin memiliki tingkat efektivitas 90 persen setelah suntikan kedua. Sementara itu, Valneva menggunakan vaksin yang tidak aktif dan adjuvan, yang menyimpang dari dua metode lainnya.

Ilmuwan menggunakan materi genetik dari virus harmstrung yang tidak bergigi karena panas atau radiasi. Virus tidak bisa lagi menginfeksi manusia, tetapi masih memicu reaksi yang melatih sistem kekebalan.

Ilustrasi vaksin (Pixabay/qimono)
Ilustrasi vaksin (Pixabay/qimono)

Antibodi yang dihasilkan vaksin harus mampu menangkal infeksi virus di masa mendatang. Para ilmuwan menggunakan metode ini untuk beberapa vaksin, termasuk suntikan flu tahunan.

Perusahaan telah mencatat bahwa vaksin Valneva buatannya bisa meningkatkan antibodi secara konsisten dalam percobaan praklinis.

Tapi, seberapa baik dan efektif kinerja vaksin Valneva sendiri masih harus diamati. Karena, vaksin Valneva baru melalui uji coba tahap I dan II saja.

Perusahaan belum melaporkan hasil keamanan penggunaan vaksin Valneva, karena biasanya hal ini akan terungkap setelah uji coba tahap ketiga yang akan memakan waktu berbulan-bulan.

Tapi, petinggi perusahaan yakin bahwa vaksin Valneva akan berhasil menangani virus corona Covid-19. Thomas Lingelbach, Chief Executive Officer Valneva, mengatakan vaksin itu dapat memberikan kontribusi besar dalam upaya melawan virus corona Covid-19.

"Kami yakin bahwa vaksin kami yang mulai diproduksi secara komersial di Skotlandia bisa memberikan kontribusi besar pada upaya vaksinasi di Inggris akhir tahun 2021 dan tahun 2022," jelas Thoma Lingelbach dikutip dari Express.

Berita Terkait

Berita Terkini