Info

Waspada, 5 Masalah Kesehatan Ini Bisa Pengaruhi Hubungan Seks Anda!

Beberapa masalah kesehatan bisa memengaruhi hubungan seks Anda dan pasangan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masalah hubungan seks. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi masalah hubungan seks. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Hubungan seks tidak hanya membantu menjaga keharmonisan rumah tangga, tetapi juga membantu tubuh tetap bugar dan sehat.

Tapi, masalah kesehatan tertentu bisa memengaruhi kehidupan seks seseorang. Masalah kesehatan ini akan menurunkan gairah seksual dan membuat seseorang kesulitan orgasme.

Karena itu dilansir dari Times of India, seseorang perlu mengidentifikasi masalah kesehatan yang dialaminya ketika kehidupan seksualnya mulai menurun.

1. Diabetes

Pria bisa menghadapi masalah ereksi dan ejakulasi ketika menderita diabetes. Gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah, saraf dan mencegah aliran darah normal ke organ intim.

Wanita cenderung menghadapi kekeringan vagina, hubungan badan yang menyakitkan dan kurangnya hasrat seksual. Solusi yang tepat untuk kondisi ini adalah menjaga pola makan sehat dan bersih serta melakukan aktivutas tubuh tetap aktif.

Diabetes (Pixabay/stevepb)
Diabetes (Pixabay/stevepb)

2. Sakit kronis

Seseorang bisa mengalami kesulitan berhubungan seks karena rasa saki yang menyengat di sekujur tubuhnya. Nyeri kronis dapat memengaruhi hasrat seksual Anda, terutama ketika Anda merasa dibatasi untuk menggerakkan bagian tubuh yang terpengaruh.

Guna mencegah masalah kesehatan ini, Anda bisa konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang tepat. Tapi, hati-hati kalau obat penghilang rasa sakit bisa memiliki efek samping pada kehidupan seksual Anda.

3. Penyakit jantung

Hubungan seks mungkin tidak terdengar menggairahkan lagi ketika Anda memiliki masalah jantung. Tapi, Anda juga harus berhati-hati melakukan hubungan seks ketika memiliki dorongan itu kembali.

Lakukan hubungan seks ringan jika Anda pernah mengalami serangan jantung beberapa waktu lalu Ada kemungkinan hubungan seks yang terlalu kasar bisa membahayakan kesehatan jantung.

4. Depresi

Depresi adalah masalah kesehatan mental yang bisa memengaruhi pikiran Anda. Seseorang akan terus-menerus merasa rendah tentang segala hal dan tidak ingin terlibat dalam aktivitas apapun yang bisa meningkatkan suasana hati.

Dalam mengatasi kondisi ini, terapis Anda mungkin menyarankan obat-obatan yang bisa memengaruhi kehidupan seks Anda. Anda mungkin menghadapi kesulitan untuk ereksi atau meningkatkan gairah seksual.

5. Radang sendi

Nyeri dan kram sendi sangat memengaruhi kehidupan seks Anda. Karena hubungan seks membutuhkan banyak gerakan tubuh, orang dengan kondisi kesehatan ini sama sekali tidak mau berhubungan seks.

Tapi, Anda tetap bisa merasa nyaman saat berhubungan seks ketika merasakan dorongan seksual. Cobalah berhubungan seks pada saat Anda merasa paling segar dan aktif, minum obat yang diresepkan setidaknya 30 menit atau satu jam sebelumnya.

Berita Terkait

Berita Terkini