Info

Penting, Terapkan 5 Gaya Hidup Berikut untuk Cegah Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan, berikut 5 cara mencegahnya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Gejala seseorang menderita kanker yang sering disepelekan (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)
Gejala seseorang menderita kanker yang sering disepelekan (Pexels/ Miguel Á. Padriñán)

Himedik.com - Muncul dalam berbagai jenis, kanker tentu perlu diwaspadai karena bisa menyerang siapa saja di umur berapapun. Untungnya, kanker bisa dicegah dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Oleh karena itu, intervensi pencegahan kanker perlu dilakukan. Dalam memperingati Hari Kanker Sedunia yang diperingati tiap 4 Februari, berikut beberapa gaya hidup sehat yang perlu Anda lakukan untuk mencegah kanker.

1. Pola Makan Sehat

Melansir dari Times Now News, pola makan bisa memengaruhi perkembangan sel kanker. Makanan sehat seperti kacang-kacangan, ikan berlemak, sayur, hingga buah berry yang mengandung antioksidan bisa jadi tameng Anda dalam menghindari kanker.

2. Stop Merokok

Rokok bisa memicu kanker, baik pada pengguna bahkan pada mereka yang hanya terpapar. Perokok menjadi faktor risiko potensial yang secara independen bisa menyebabkan kanker, terutama kanker paru-paru.

3. Jaga Berat Badan Sehat

Menjaga berat badan tidak hanya membantu mencegah banyak penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskular dan tiroid. Tetapi menjaga berat badan sehat juga terbukti mencegah dari kanker.

Untuk menjaga berat badan sehat, Anda disarankan untuk memasukkan 30 menit aktivitas fisik dalam rutinitas harian agar Anda tetap bugar dan memiliki berat badan sehat.

Situasi pandemi tidak menyurutkan kebutuhan berolahraga.
Situasi pandemi tidak menyurutkan kebutuhan berolahraga.

4. Bijaklah saat Berada di Bawah Sinar Matahari

Kanker kulit adalah kanker yang paling dapat dicegah. Jenis kanker ini salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari. Melansir dari Times Now News, berikut beberapa cara aman berada di bawah sinar matahari, antara lain:

  • Hindari keluar di bawah sinar matahari selama sinar matahari sedang kuat-kuatnya, yakni antara jam 10 pagi hingga 4 sore.
  • Tutupi diri Anda saat beraktivitas di bawah sinar matahari.
  • Kenakan warna yang lebih gelap yang dapat memantulkan sinar ultraviolet dibandingkan dengan warna pastel.
  • Selalu kenakan kacamata hitam Anda saat berada di bawah sinar matahari.

5. Screening

Lakukan pemeriksaan rutin atau screening untuk mendeteksi segala jenis risiko yang berhubungan dengan kanker agar dapat menanganinya pada tahap awal.

Berita Terkait

Berita Terkini