Info

Cobalah Mandi Tanpa Sabun, Ini 5 Efeknya pada kulit Tubuh!

Mandi tanpa sabun justru ide yang baik untuk merawat kulit tubuh.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi mandi (Pexels/Craig Adderley)
ilustrasi mandi (Pexels/Craig Adderley)

Himedik.com - Sebagian besar orang pasti mandi dua kali sehari menggunakan sabun supaya kulitnya wangi dan bersih.

Tapi, mandi dengan sabun nampaknya tidak selalu baik bagi tampilan dan kesehatan kulit. Bahkan penggunaan sabun setiap kali mandi tidak memberikan banyak manfaat pada kulit.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, manfaat mandi tanpa sabun lagi pada kulit tubuh Anda.

1. Kulit terasa lebih sehat

Mandi hanya dengan air akan menyeimbangkan lapisan pelindung kulit. Meskipun, sabun bisa menghilangkan kotoran dari tubuh secara efektif.

Tapi, sabun juga membersihkan minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit. Penggunaan sabun secara teratur setiap kali mandi bisa mengganggu keseimbangan pH kulit Anda, sehingga lebih kering dan teriritasi.

Ilustrasi Mandi. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi Mandi. (Pixabay/PublicDomainPictures)

2. Tidak akan bau badan

Meskipun mandi dengan sabun yang berbusa banyak akan membuat tubuh terasa segar dan harum, tapi semua itu hanya memberikan efek jangka pendek.

Pada dasarnya, sabuh justru membuat kulit lebih rentan terhadap bakteri. Bahan keras dalam sabun mengganggu keseimbangkan antara minyak kulit dan bakteri pada kulit.

Hal itu menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak dan bakteri. Sedangkan, sabun antibakteri sangat berbahaya karena membunuh mikroba menguntungkan bersama dengan mikroba jahat.

3. Menjaga kesehatan organ intim

Mandi pakai sabun secara rutin bisa mengeringkan area genital yang bisa berujung pada kondisi kesehatan tertentu. Sebaiknya, gunakan air hangat untuk mencuci bagian pribadi Anda atau air panas saat ingin menghilangkan bau atau membersihkan organ intim.

4. Kulit bebas kerutan

Banyak bahan dalam sabun bertujuan membuat kulit bersih dan segar. Tapi, bahan-bahan tersebut justru bisa berbahaya.

Faktanya, bahan-bahan tersebut bisa merusak kulit dan memperburuk masalah kulit, seperti jerawat dan dermatitis. Mandi dengan sabun membuat kulit Anda kering, yang bisa menyebabkan keriput.

5. Kekurangan vitamin D

Selain berkontribusi pada penuaan kulit dini, sabun juga dapat mengganggu penyerapan vitamin D. Kulit kita mengubah energi matahari menjadi vitamin D dan beberapa spesialis perawatan kesehatan merekomendasikan untuk lebih jarang mandi.

Karena, mandi dengan sabun bisa mengganggu keseimbangan kulit dan menghilangkan beberapa vitamin D. Tapi, banyak komunitas medis percaya bahwa vitamin D tetap ada di kulit setelah mandi.

 

Berita Terkait

Berita Terkini