Info

Kunci Atasi Ketakutan akan Jarum Suntik saat Vaksin Covid-19: Tersenyum

Bagaimana tersenyum bisa mengatasi rasa takut dan sakit saat disuntik?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Vaksinasi. (Pixabay)
Vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Ada beberapa orang yang  takut dengan jarum suntik, bahkan beberapa kelompok fobia dengan alat vaksinasi tersebut. Tetapi sekarang ada cara mudah untuk mengatasi ketakutannya, yaitu dengan tersenyum.

Menurut sebuah penelitian, tingkat rasa sakit dan stres akibat menerima suntikan akan menurun saat orang tersebut tersenyum selama vaksinasi berlangsung.

Simpulan tersebut dibuat setelah peneliti dari University of California, AS, meminta peserta uji tersenyum saat menerima suntikan garam dengan dosis yang sama seperti vaksin Covid-19.

"Dalam penelitian kami, tersenyum lebar (Duchenne smile) sebelum dan selama vaksinasi palsu tidak hanya mengurangi rasa sakit jarum, tetapi juga membuat orang mengantisipasi bahwa jarum tidak akan terlalu sakit," jelas Sarah Pressman, PhD, profesor ilmu psikologi di University of California, dilansir Verywell Health.

Selain itu, sambungnya, tersenyum mengurangi respons stres fisiologis yang terkait dengan kecemasan jarum.

Vaksinasi (Shutterstock)
Vaksinasi (Shutterstock)

Pressman menambahkan, detak jantung kita meningkat selama situasi stres. Tetapi bagi orang yang tersenyum lebar detak jantungnya tetap lebih rendah sebelum, selama, dan setelah jarum suntik.

Para peneliti menganggap senyuman Duchenne sebagai senyuman 'nyata'.

Menurut Pressman, senyuman ini mudah dikenali dari kerutan dan kerutan saat seseorang mengekspresikannya, mengaktifkan otot-otot di sekitar mata.

"Senyuman Duchenne biasanya dianggap lebih mewakili emosi positif yang tulus dibandingkan dengan senyuman non-Duchenne," tandas Pressman.

Berita Terkait

Berita Terkini