Info

Minum Parasetamol Bisa Picu Reaksi Alergi, Cek Ruam Kemerahan di Tubuh

Ruam kemerahan di tubuh bisa menjadi gejala reaksi alergi setelah minum parasetamol.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi ruam kemerahan. (Shutterstock)
Ilustrasi ruam kemerahan. (Shutterstock)

Himedik.com - Parasetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotek. Obat ini biasanya digunakan untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, keseleo atau menurunkan demam.

Pada umumnya, minum parasetamol aman bagi semua orang. Obat penghilang rasa sakit ini jarang menunjukkan efek samping, tapi seseorang bisa mengalami reaksi alergi.

NHS menjelaskan reaksi alergi akibat minum parasetamol bisa menyebabkan ruam dan pembengkakan. Berikut ini dilansir dari Express, efek samping reaksi alergi akibat minum parasetamol termasuk:

Ilustrasi gatal, ruam, kemerahan (shutterstock)
Ilustrasi gatal, ruam, kemerahan (shutterstock)

 

  1. Kemerahan, tekanan darah rendah dan detak jantung cepat termasuk reaksi alergi dari parasetamol yang diberikan melalui lengan.
  2. Kelainan darah, seperti trombositopenia atau jumlah sel trombosit rendah dan leukopenia atau sel darah putih rendah.
  3. Kerusakan hati dan ginjal bisa terjadi ketika Anda mengonsumsi parasetamol terlalu banyak atau overdosis yang bisa berakibat fatal.

"Konsultasikan dengan apoteker atau dokter jika Anda mengembangkan efek samping yang tidak nyaman setelah minum parasetamol," kata NHS.

Anda juga bisa mengalami reaksi merugikan jika Anda mengonsumsi terlalu banyak parasetamol. Menurut British Medical Journal (BMJ), overdosis dapat terjadi setelah konsumsi parasetamol atau obat yang mengandung parasetamol berlebihan.

Tapi, keracunan parasetamol yang tidak diobati bisa menyebabkan berbagai tingkat cedera hati selama dua hingga empat hari setelah konsumsi.

"Beberapa orang mungkin merasa mual, muntah atau sakit perut setelah minum terlalu banyak parasetamol, tetapi seringkali tidak ada gejala yang jelas pada awalnya," jelas BMJ.

Menurut NHS, dosis minum parasetamol biasanya satu atau dua tablet 500 mg sekaligus. Parasetamil bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan, tetapi Anda tetap harus minum parasetamol setelah 4 jam makan.

 

Berita Terkait

Berita Terkini