Info

Meski Dibuka, Tetap Hindari 4 Tempat Berikut selama Pandemi Covid-19

Meskipun banyak yang telah dibuka, Fauci imbau tetap waspada ke 4 tempat berikut selama pandemi Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi restoran. (Pixabay)
Ilustrasi restoran. (Pixabay)

Himedik.com - Meski banyak fasilitas umum yang telah dibuka, namun, Dr. Anthony Fauci, kepala penasihat medis Presiden dan direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat (NIH) mengimbau untuk tetap harus berhati-hati.

"Kami (Amerika) sekarang rata-rata mengalami sekitar 2 hingga 300.000 infeksi sehari, sekitar 3 hingga 4.000 kematian per hari," Dr. Anthony Fauci seperti yang dikutip dari Eat This.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa tempat yang sebaiknya tak Anda kunjungi meskipun telah dibuka untuk umum, antra lain:

1. Makan di Restoran Indoor

Sejalan dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Fauci juga menyatakan bahwa makan di tempat di dalam ruangan masih cukup berisiko.

"Makan di tempat dengan tempat duduk dalam ruangan, di mana kapasitas tempat duduk tidak berkurang dan meja tidak berjarak setidaknya 6 kaki tetap berbahaya," catat CDC.

Fauci juga menyetujui imbauan CDC di mana ia menyatakan bahwa selama pandemi, ia selalu memesan makanan pesan antar atau membawa pulang makanan yang ia beli. Fauci menyebut restoran sebagai tempat potensial menularkan virus corona karena kemungkinan ventilasi yang buruk.

Selain itu, makan di restoran membuat Anda harus melepaskan masker untuk makan, sehingga menyemburkan tetesan napas. 

2. Hindari Pertemuan dengan Banyak Orang

Dokter Fauci menyalahkan pertemuan keluarga selama liburan sebagai penyebab lonjakan kasus Covid-19 belakangan ini di Amerika.

"Vaksin saat ini bukanlah pengganti standar standar kesehatan masyarakat untuk memakai masker, menjaga jarak, menghindari berkumpul, bagian yang ramai, dan khususnya di dalam ruangan," kata Fauci.

3. Hindari ke Bar

CDC mengatakan bahwa risiko penyebaran Covid-19 meningkat di restoran atau bar karena interaksi dalam jarak kurang dari 6 kaki dengan orang lain meningkat.

"Hindari bar," kata Fauci.

Saat di bar maka sebagian besar berada di dalam ruangan, Anda cenderung lupa untuk mengikuti langkah-langkah kesehatan masyarakat. Belum lagi, Anda tidak bisa minum bir sambil memakai masker.

Ilustrasi bar (Shutterstock)
Ilustrasi bar (Shutterstock)

4. Tempat Ibadah

Saat ingin ke tempat ibadah, Fauci mengingatkan untuk memperhitungkan dinamika wabah Covid-19 di sekitar Anda.

"Karena itu, ketika Anda menghadapi wabah nasional seperti yang kami alami sekarang, Anda benar-benar harus berhati-hati. Orang-orang benar-benar perlu berada dalam jarak 6 hingga 10 kaki (2 hingga 3 meter) satu sama lain dengan memakai masker," ujar Fauci.

Berita Terkait

Berita Terkini