Info

Cegah Demensia, Coba Deh Makan Buah Jeruk Setiap Hari!

Makan buah jeruk setiap hari tidak hanya membantu memenuhi asupan vitamin C, tetapi juga cegah demensia.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

buah jeruk [Pixabay]
buah jeruk [Pixabay]

Himedik.com - Kehilangan memori dan kecepatan berpikir yang lebih lambat adalah gejala umum demensia. Penyakit ini bisa dipicu oleh berbagai faktor.

Sayangnya, sekarang ini belum ada obat khusus untuk mengatasi demensia. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa Anda bisa memperkuat pertahanan otak untuk mengurangi risiko demensia.

Sebuah penelitian baru dalam jurnal Frontiers in Neuroscience menemukan bahwa makan buah jeruk atau minum jus jeruk bisa meningkatkan kesehatan otak, terutama selama penuaan.

Para ilmuwan menggabungkan efek tersebut dengan polifenol, biasanya disebut flavonoid yang terjadi secara alami pada jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali.

Para ilmuwan yang berbasis di University of East Anglia di Norwich, telah mengumpulkan ratusan penelitian yang mengamati dampak flavonoid jeruk pada sel otak dan saraf.

Ilustrasi perempuan demensia. [Shutterstock]
Ilustrasi perempuan demensia. [Shutterstock]

Hasil penelitian menunjukkan bahwa polifenol jeruk memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidatif, yang keduanya penting untuk melindungi jaringan otak dari kerusakan. Misalnya, karena penuaan atau kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Kerusakan sel otak dan saraf salah satu tanda awal dari kondisi degeneratif, seperti alzheimer dan penurunan kognitif terkait usia.

Dr David Vauzour, Senior Research Fellow di Norwich Medical School, mengatakan bahwa sejauh ini penelitian pada manusia menunjukkan bahwa makan buah jeruk meningkatkan kinerja kognitif dan mengurangi risiko penyakit otak degeneratif.

"Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa melengkapi makanan dengan mengonsumsi buah jeruk meningkatkan defisit dalam pembelajaran dan memori, terutama memori spasial yang membantu seseorang mengingat sesuatu dan pengenalan wajah atau nama," jelas Dr David dikutip dari Express.

Dr Carrie Ruxton, dari Fruit Juice Science Center, menambahkan konsumsi buah jeruk utuh atau minum jus jeruk kaya akan vitamin C dan mengandung flavonoid seperti hesperidin.

"Kandungan itu memiliki efek positif pada sistem vaskular dan tekanan darah. Jadi, menarik bahwa manfaatnya meluas ke otak. Karena itu, Anda harus minum segelas jus jeruk setiap hari," jelas Dr Carrie.

Bukti yang mendukung menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mengurangi risiko demensia. Langkah itu baik untuk jantung, sirkulasi, berat badan dan kesehatan mental Anda.

Menurut Alzheimer's Society, Anda mungkin merasa terbantu untuk memulai olahraga ringan dan membangunnya secara bertahap. Bahkan olahraga 10 menit dan menghindari duduk terlalu lama jauh lebih baik.

Selain meningkatkan asupan makanan yang menutrisi otak, Anda juga harus menghindari makanan tertentu. Menurut British Heart Foundation (BHF), Anda harus membatasi konsumsi makanan goreng atau cepat saji, keju, daging merah, kue kering dan mentega.

Karena, makanan di atas mengandung lemak jenuh yang menyumbat arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini