Info

Menggigil, Efek Samping Umum Vaksin Covid-19 Pada Penyintas Virus Corona!

Efek samping vaksin Covid-19 yang paling umum pada penyintas virus corona adalah menggigil.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

Himedik.com - Inggris telah menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech untuk vaksinasi virus corona Covid-19. Saat ini, sudah puluhan ribu orang mendapatkan suntik vaksin dan melaporkan efek sampingnya.

Menurut data dari ZOE Covid-19 Symptom Study, ada tiga efek samping umum dari suntikan vaksin Pfizer jika Anda sebelumnya pernah terinfeksi virus corona, termasuk menggigil, sakit kepala, dan kelelahan.

Kebanyakan vaksin akan menimbulkan efek samping dalam 2 hari pertama setelah suntik dan hanya 3 persen orang yang mengalami efek samping vaksin setelah lebih dari 3 hari.

Pada dasarnya dilansir dari Express, vaksin Covid-19 menggunakan komponen yang tidak berbahaya dari virus corona untuk melatih sistem kekebalan tubuh.

Saat respons kekebalan tubuh mulai bekerja, hal ini bisa menyebabkan efek samping menguasai tubuh Anda. Karena itulah, efek samping yang lebih kuat menandakan vaksin bekerja lebih baik.

Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)
Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)

Studi Gejala Covid ZOE menemukan bahwa 33 persen peserta yang sebelumnya terinfeksi virus corona Covid-19 melaporkan setidaknya satu efek samping dalam 7 hari setelah suntik vaksin.

Bagi mereka yang tidak pernah positif terinfeksi virus corona Covid-19, hanya 18 persen peserta yang mengalami efek samping vaksin di seluruh tubuh.

Hal ini menunjukkan bahwa orang yang pernah positif virus corona dan sembuh lebih mungkin mengalami reaksi merugikan.

Berdasarkan 40 ribu orang yang telah menerima suntikan vaksin Covid-19, sebanyak 37 persen mengalami nyeri dan bengkak di tempat suntikan.

Jumlah ini pun meningkat hingga 45 persen setelah suntikan dosis kedua vaksin Covid-19, yang juga menyebar ke seluruh populasi.

Menurut data terbaru, lebih dari 669.105 orang Inggris telah mendapatkan suntikan kedua vaksin Covid-19. Hasilnya, lebih banyak orang yang mengaku mengalami beberapa efek samping setelah suntikan kedua, yang mungkin menunjukkan sistem kekebalannya lebih kuat.

Sebanyak 14 persen orang mengaku alami efek samping setelah suntikan pertama vaksin Covid-19. Sedangkan, 22 persen orang mengaku mengalami efek samping setelah suntikan kedua.

Secara keseluruhan, wanita cenderung mengalami efek samping vaksin dibandingkan pria dalam penelitian ini. Perbandingan mereka antara 19 persen dan 13 persen. Bahkan efek samping vaksin ini lebih parah bagi orang usia 55 tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini