Info

Ingin Menurunkan Berat Badan? Coba Konsumsi 4 Minuman Herbal Berikut

Beberapa minuman herbal bisa membantu membakar lemak dan baik dikonsumsi sebelum tidur.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Manfaat ramuan kayu manis dan madu untuk menurunkan berat badan (Pexels/Ngô Trọng An)
Manfaat ramuan kayu manis dan madu untuk menurunkan berat badan (Pexels/Ngô Trọng An)

Himedik.com -  Banyak cara untuk membantu menurunkan berat badan. Utamanya memang tergantung apa pola makan dan aktivitas secara fisik, namun ada baiknya pula mengonsumsi ramuan minuman tertentu.

Melansir Times of India, beberapa minuman herbal bisa membantu membakar lemak dan baik dikonsumsi sebelum tidur. Apa saja?

1. Susu kunyit

Perpaduan susu dan kunyit bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan pencernaan. Kunyit mengandung antioksidan yang membantu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh, sedangkan susu memiliki kalsium dan protein yang akan membantu Anda tidur nyenyak.

Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

2. Teh chamomile

Teh chamomile terkenal bermanfaat membantu tidur lebih nyenyak. Minuman ini meningkatkan kadar glisin dalam tubuh, sejenis neurotransmitter yang melemaskan saraf dan membuat Anda merasa mengantuk.

Penelitian juga menunjukkan bahwa teh chamomile membantu mengontrol glukosa dan menurunkan berat badan. Oleh karenanya, minumlah secangkir teh kamomil hangat sebelum tidur untuk membuang lemak yang tak diinginkan saat Anda tidur.

3. Teh kayu manis

Kayu manis atau dalchini diketahui sarat manfaat kesehatan. Kayu manis juga memiliki berbagai sifat antioksidan dan antibiotik yang menjadikannya minuman detoks sempurna, tidak hanya membantu membakar lebih banyak lemak, tetapi juga membantu agar bisa Anda tidur lebih nyenyak.

Jika tidak menyukai rasa teh kayu manis, coba tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis.

Fenugreek (Pixabay/Ajale)
Fenugreek (Pixabay/Ajale)

4. Air rendaman fenugreek

Ini adalah teknik kuno yang telah digunakan untuk mengatur kadar gula darah. Mengonsumsinya sebelum tidur bisa membuat panas di dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Fenugreek juga antasid yang bagus sehingga baik untuk sistem pencernaan.

Bagaimana cara membuat ramuan ini? Rebus air dalam wadah, tambahkan biji fenugreek yang dihancurkan ke dalamnya. Rendam bijinya selama tiga sampai lima menit, kemudian saring dalam cangkir dengan memakai saringan biasa.

Berita Terkait

Berita Terkini