Info

Cobalah Minum Teh Kulit Jeruk Setiap Pagi, Rasakan Efeknya pada Tubuh!

Minum teh kulit jeruk secara rutin setiap hari bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi kulti jeruk (Pixabay/Didgeman)
Ilustrasi kulti jeruk (Pixabay/Didgeman)

Himedik.com - Sebagian besar orang memiliki kebiasaan minum teh di pagi hari maupun malam hari. Pastinya kebiasaan minum teh di waktu berbeda ini memberikan manfaat yang berbeda juga pada tubuh.

Teh memiliki beberapa manfaat kesehatan luar biasa. Apalagi bila Anda menambahkan kulit jeruk ke dalam teh. Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan dari secangkir teh kulit jeruk.

Jeruk adalah buah musim dingin yang mengandung banyak vitamin C. Tetapi, kulit jeruk yang sering dibuang justru mengandung nutrisi sangat sehat.

Minum teh kulit jeruk pun dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Anda cukup membutuhkan setengah kulit jeruk, satu gelas air, 1/2 inci batang kayu manis, 2-3 cengkeh, 1-2 kapulaga hijau dan setengah sendok makan gula merah.

Cara membuatnya, cukup tambahkan air ke dalam panci yang dalam dan taruh di atas kompor dengan api sedang. Kemudian dilansir dari Times of India, tambahkan irisan kulit jeruk dan bumbu lainnya ke dalam.

Ilustrasi teh kulit jeruk. (Pixabay/bor-onno)
Ilustrasi teh kulit jeruk. (Pixabay/bor-onno)

Biarkan semuanya direbus hingga mendidih selama 2-3 menit, lalu matikan kompor. Saring teh dalam cangkir dan tambahkan gula merah untuk membuatnya manis dan aduk rata.

Manfaat kulit jeruk

Kulit jeruk memang terasa pahit karena ada kandungan flavonoid yang melindungi buah dari serangan hama. Tapi, kulit jeruk mengandung konsentrasi flavonoid tertinggi daripada bagian buah lainnya.

Sama seperti buahnya, kulit jeruk juga kaya akan beberapa nutrisi, di antaranya serat, vitamin C dan senyawa tumbuhan, seperti polifenol.

Kulit jeruk juga mengandung nutrisi ramah kesehatan lainnya seperti provitamin A, folat, riboflavin, tiamin, vitamin B6, dan kalsium.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari minum teh kulit jeruk.

1. Mencegah kanker

Kulit buah jeruk mengandung senyawa yang disebut limonene dengan konsentrasi sekitar 97 persen minyak esensial kulit ini.

Bahan kimia alami ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker. Jadi, mengonsumsinya bisa mencegah berbagai jenis penyakit akibat peradangan dan kanker kulit.

2. Meningkatkan pencernaan dan kekebalan

Rasa teh jeruk yang kuat bisa meningkatkan produksi air liur dan asam lambung. Minum teh kulit jeruk setiap pagi bisa membantu menstimulasi sistem pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan.

Selain itu, kandungan vitamin C yang bergizi tinggi di dalamnya bisa meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

3. Mencegah penyakit kronis

Kulit jeruk juga menjadi sumber kaya senyawa tanaman yang disebut polifenol. Teh kulit jeruk juga bisa membantu mencegah dan mengelola banyak kondisi kronis, seperti diabetes tipe 2, obesitas dan alzheimer.

Sebuah uji laboratorium mengungkapkan bahwa asupan kandungan dan aktivitas polifenol pada kulit jeruk jauh lebih tinggi daripada buahnya.

Intinya, kulit jeruk ini tetap aman dikonsumsi karena biasa digunakan dalam biskuit dan kue. Tapi, beberapa orang mungkin mengalami beberapa efek samping, seperti masalah perut.

Berita Terkait

Berita Terkini