Info

Minum Air Dingin atau Air Hangat, Manakah yang Terbaik untuk Hidrasi Tubuh?

Minum air hangat bisa membantu tubuh terhidrasi dengan baik.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi perempuan hanya minum air putih selama sebulan (Pexels/Daria Shevtsova)

Himedik.com - Makanan bergizi dan minum air dalam jumlah cukup bisa membantu menjaga kesehatan. Tapi, banyak orang sering mengabaikan pentingnya minum cukup air.

Kebiasaan ini bisa menyebabkan tubuh dehidrasi, yang mana kadar cairan tubuh mencapai tingkat berbahaya. Sehingga berisiko menyebabkan komplikasi serius, seperti cedera panas, kram panas, kelelahan atau serangan panas yang berpotensi mengancam jiwa.

Masalah dehidrasi ini biasa terjadi semua musim, tak hanya musim panas. Banyak orang cenderung tidak minum cukup air karena merasa tidak haus pada musim dingin.

Sedangkan, tubuh juga akan membutuhkan lebih banyak air untuk melawan suhu ketika musim panas, baik minum air putih, minum air hangat atau dingin.

Perlu dipahami bahwa sekitar 70 persen tubuh kita terdiri dari udara dan menjaga fungsi internal agar berjalan dengan baik sehingga perlu menjaga jumlah cairan dalam tubuh.

Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

Air memainkan beberapa peran penting dalam tubuh, yakni melumasi sendi, membentuk udara liur dan lendir, meningkatkan kesehatan kulit, pembantuan suhu tubuh dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Suhu udara Anda bisa memengaruhi sistem pencernaan, sirkulasi dan memicu sakit kepala. Minum air hangat pun menjadi pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Minum air dingin ketika musim panas mungkin menyegarkan, tapi tidak melembabkan atau menghidrasi tubuh seperti air hangat.

Air dingin hanya bisa mengatasi dahaga dan tidak akan menghidrasi tubuh. Jika Anda minum air hangat, air akan mengalir ke seluruh bagian tubuh akan terhidrasi secara keseluruhan.

Sedangkan dilansir dari Times of India, minum air dingin akan membuat pembuluh mengerut dan tidak bisa mencapai setiap sel tubuh yang dehidrasi.

Manfaat lain minum air hangat

Meskipun minum air apapun bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, minum air hangat bisa memberikan beberapa manfaat ksehatan tambahan.

Segelas air hangat di pagi hari bisa menghidrasi dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Minum air hangat sebelum makan bisa membantu proses pencernaan, membantu menjaga asupan kalori dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Saat menderita pilek dan flu, minum air hangat bisa membantu melawan baksteri. Selain itu, air hangat juga baik untuk kulit dan mengurangi stres.

Berita Terkait

Berita Terkini