Info

Meski Sering Dikonsumsi, 4 Asupan Ini Ternyata Tak Baik Buat Sarapan

Hindari beberapa makanan berikut untuk sarapan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Menu sarapan. (pexels)
Menu sarapan. (pexels)

Himedik.com - Tak hanya itu baik untuk kesehatan, sarapan pagi umumnya bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan membangun energi sepanjang hari. Menurut sebuah penelitian dari National Weight Control Registry, 78 persen orang yang mampu menurunkan berat badan dan mempertahankannya tetap sarapan setiap hari.

Namun sarapan bisa menjadi masalah untuk kesehatan jika makanan yang Anda konsumsi tak tepat. Melansir dari Eat This, berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sarapan.

1. Sereal Sarapan Manis

Bukanya bikin sehat, namun memulai hari Anda dengan semangkuk sereal manis dapat membuat Anda merasa lapar segera.

"Ditambah, sereal manis juga cenderung tinggi gula dan rendah protein. Juga perlu diingat bahwa bahkan sereal yang mengklaim dibuat dengan biji-bijian sering kali mengandung sangat sedikit biji-bijian yang sebenarnya," kata Kelli McGrane MS, RD, ahli diet terdaftar dan Lose It! konsultan nutrisi.

2. Sosis

Meski sosis merupakan makanan yang dimakan banyak orang untuk sarapan, namun sosis bukanlah pilihan sarapan pagi yang bergizi.

"Sosis dibuat dari daging giling, lemak, bumbu, perasa, dan pengikat," kata Roxana Ehsani, MS, RD , CSSD, LDN, ahli gizi ahli gizi terdaftar, dan Juru Bicara Akademi Nutrisi dan Diet.

"Sosis cenderung tinggi natrium (dapat meningkatkan tekanan darah), tinggi lemak jenuh (dapat meningkatkan kolesterol jahat LDL), dan kalori keseluruhan yang tinggi. Daging olahan seperti sosis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis dan kanker. Daripada memilih sosis di pagi hari, mengapa tidak memilih pilihan protein tinggi lainnya seperti telur, Greek yogurt atau selai kacang seperti almond mentega," ujar Ehsani.

Ilustrasi sosis bakar (Pixabay @jarmoluk)
Ilustrasi sosis bakar (Pixabay @jarmoluk)

3. Roti Tawar

Roti tawar juga sering kali dikonsumsi sebagai menu sarapan yang sederhana, padahal ini tak menyehatkan.

"Roti tawar membuat gula darah dan energi meningkat dengan cepat dan kemudian jatuh begitu saja," ujar Ehsani.

4. Minuman Kopi Berasa

Sebagian besar minuman kopi beraroma atau berasa mengandung tinggi kalori dan gula. "Konsumsi kopi berperasa untuk sarapan dapat membuat Anda merasa gelisah. Sebagai gantinya, saya merekomendasikan membuat smoothie kopi di rumah dengan minuman dingin, pisang, mentega almond, dan madu murni yang lezat," kata Maggie Michalczyk, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar di Once Upon a Pumpkin. 

Berita Terkait

Berita Terkini