Info

Bolehkah Olahraga setelah Suntik Vaksin Covid-19? Ini Aturannya!

Beberapa orang mungkin ingin olahraga setelah suntik vaksin Covid-19, tapi ragu melakukannya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi olahraga, angkat beban. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Penelitian menunjukkan bahwa tetap aktif secara fisik 24 jam sebelum suntik vaksin Covid-19 bisa membantu mendukung kekebalan dan mengembangkan antibodi.

Tapi, banyak orang mungkin bertanya-tanya tentang aktivitas fisik apa saja yang boleh dilakukan setelah suntik vaksin Covid-19.

Beberapa orang mungkin ingin segera olahraga setelah suntik vaksin Covid-19. Beberapa orang mungkin juga ragu olahraga setelah suntik vaksin Covid-19 diperbolehkan atau tidak.

Faktanya, tak ada masalah olahraga setelah vaksin Covid-19. Sejauh ini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa olahraga setelah suntik vaksin Covid-19 bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jadi, aman untuk melakukan segala jenis aktivitas fisik setelah suntik vaksin Covid-19. Banyak orang mengalami beberapa efek samping setelah suntik vaksin Covid-19, seperti bengkak, nyeri otot, kelelahan, demam, dan nyeri di tempat suntikan.

Sehingga dilansir dari Times of India, olahraga fisik setelah suntik vaksin Covid-19 diperbolehkan karena tergantung pada kondisi masing-masing. Bahkan Anda bisa melakukan olahraga berat atau memodifikasinya tergantung kemampuan.

Ilustrasi vaksin AstraZeneca (Kolase foto/Unsplash/dok. istimewa)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Kolase foto/Unsplash/dok. istimewa)

Tapi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah mengingatkan bahwa vaksin Covid-19 bisa menimbulkan beberapa efek samping umum. Setelah vaksin, seseorang mungkin akan mengalami rasa sakit, kemerahan dan bengkak di lengan yang disuntik.

Selain itu, orang bisa mengalami kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, demam dan mual. Tanda-tanda ini adalah bukti bahwa vaksin Covid-19 mengembangkan kekebalan terhadap virus corona.

Beberapa orang mungkin mengalami gejala ringan, sementara lainnya mungkin mengalami kondisi lebih berat lagi. Sehingga sulit menentukan olahraga yang tepat bagi seseorang setelah suntik vaksin Covid-19, karena tergantung pada kemampuan individu.

Jika Anda mengalami efek samping lelah dan mual, lebih baik hindari olahraga yang berisiko cedera. Namun, orang dewasa yang lebih muda lebih mungkin mengalami efek samping yang lebih sering karena sistem kekebalannya merespons vaksin lebih kuat.

Bila Anda menghadapi masalah kesehatan kronis lainnya, seperti asma atau penyakit jantung, Anda perlu ekstra hati-hati. Olahraga berat setelah suntik vaksin Covid-19 mungkin bukan pilihan terbaik untuk kondisi Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini