Info

Termasuk Susu, 6 Asupan Ini Harus Dihindari saat Flu atau Masuk Angin

Beberapa makanan tertentu malah bisa memperparah flu, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi susu. (pixabay/couleur)
Ilustrasi susu. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Saat sakit, pengbatan dan istirahat cukup memang diperlukan agar cepat pulih. Tak hanya itu asupan yang Anda konsumsi juga bisa memengaruhi flu, pilek, atau masuk angin yang Anda derita. Sebab beberapa makanan disebut bisa memperparah flu atau masuk angin Anda.

Melansir dari Eat This, berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari saat flu, antara lain:

1. Permen

Permen sudah pasti memiliki kandungan gula tinggi. Asupan dengan kandungan gula tinggi seperti permen harus Anda hindari.

Jeanette Kimszal, RDN, NCL, menganggap makanan manis sebagai kategori makanan nomor satu yang dia sarankan untuk dihindari saat mereka sakit.

"Gula menyebabkan peradangan dan ini telah terbukti menurunkan kekebalan dengan melemahkan sel darah putih. Sel-sel ini bertanggung jawab untuk melawan infeksi," jelasnya.

2. Stroberi

Stroberi adalah pelepas histamin yang dapat menyebabkan hidung mampet saat pilek. Lendir yang dipengaruhi histamin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di area hidung dan sinus Anda, jadi pilihlah buah-buahan lain sampai Anda merasa lebih baik.

3. Susu

Susu adalah makanan lain yang harus dihindari saat Anda merasa tidak enak badan. Sebab produk susu justru dapat mengentalkan lendir untuk sementara yang akan menyebabkan alergen berbahaya bertahan di sistem Anda lebih lama.

4. Keju

Julie Upton, MS, RD, menekankan pentingnya menghindari makanan pro-inflamasi karena dapat mengurangi respons sistem kekebalan tubuh. Produk susu berlemak penuh seperti kebanyakan pilihan keju menjadi makanannya yang meningkatkan peradangan setelah dikonsumsi.

5. Kopi

Menurut Rebecca Lewis, ahli diet terdaftar di HelloFresh, kopi membuat tubuh dehidrasi dan dapat memperburuk nyeri otot.

"Sistem kekebalan bekerja paling efisien ketika tubuh terhidrasi dengan baik. Karena kafein dalam kopi bersifat diuretik akan membuat Anda banyak buang air kecil. Dikombinasikan dengan gejala muntah dan diare, kafein hanya akan memperburuk dehidrasi," kata Lewis.

6. MSG

Menurut The Journal of Head and Face Pain, terdapat bukti kuat bahwa MSG memiliki kemampuan untuk memicu sakit kepala berdasarkan beberapa studi provokasi. Jika kepala Anda sudah berdenyut-denyut atau Anda rentan terhadap migrain, pastikan untuk menghindari MSG sebisa mungkin.

Berita Terkait

Berita Terkini