Info

Studi: Daripada Jaga Jarak, Masker dan Ventilasi Lebih Baik Cegah Corona

Studi menyebutkan bahwa penggunaan masker dan ventilasi yang baik lebih efektif cegah Covid-19 di dalam ruangan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi pakai masker di ruangan. (Pexels/Edmond Dantes)
Ilustrasi pakai masker di ruangan. (Pexels/Edmond Dantes)

Himedik.com - Studi menunjukkan bahwa penggunaan masker dan sistem ventilasi yang baik lebih penting daripada jarak sosial untuk cegah corona di dalam ruangan. Hal ini dinyatakan dalam studi yang diterbitkan pada jurnal Physics of Fluids.

Melansir dari Healthshots, pada studi ini peneliti membuat model aliran udara dan penularan penyakit. Peneliti menghitung risiko penularan yang didorong oleh udara. Model dilakukan pada ruang kelas berukuran 709 kaki persegi dengan langit-langit setinggi 9 kaki, mirip dengan ruang kelas berukuran lebih kecil.

"Penelitian ini penting karena memberikan panduan tentang bagaimana kita memahami keselamatan di lingkungan dalam ruangan," kata Michael Kinzel, asisten profesor di University of Central Florida di AS.

"Studi ini menemukan bahwa rute transmisi aerosol tidak menunjukkan kebutuhan akan jarak sosial selebar enam kaki satu atau dua meter menggunakan masker," kata Kinzel.

Peneliti menyebutkan bahwa masker terbukti bermanfaat dengan mencegah paparan langsung aerosol karena memberikan embusan udara hangat yang lemah yang menyebabkan aerosol bergerak vertikal, sehingga mencegahnya mencapai orang yang berdekatan.

ilustrasi masker (stocksnap.io)
ilustrasi masker (stocksnap.io)

Para peneliti mencatat bahwa sistem ventilasi yang dikombinasikan dengan filter udara yang baik mengurangi risiko infeksi hingga 40 hingga 50 persen dibandingkan dengan ruang kelas tanpa ventilasi.

Hal ini disebabkan karena sistem ventilasi menciptakan arus aliran udara yang stabil yang mengedarkan banyak aerosol ke dalam filter. Ini menghilangkan sebagian aerosol dibandingkan dengan skenario tanpa ventilasi di mana aerosol berkumpul di atas orang-orang di dalam ruangan.

Hasil ini menguatkan pedoman terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang merekomendasikan pengurangan jarak sosial di sekolah dasar dari enam menjadi tiga kaki ketika semua orang menggunakan masker.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ventilasi dan penggunaan masker adalah yang paling penting untuk mencegah penularan Covid-19 di dalam ruangan.

Berita Terkait

Berita Terkini