Info

Jaga Kebugaran selama Puasa, Begini Tips dan Trik Olahraga saat Puasa

Berolahraga saat puasa tetap optimal, simak tips berikut.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi olahraga. (Pixabay/Wokandapix)
Ilustrasi olahraga. (Pixabay/Wokandapix)

Himedik.com - Menjaga kebugaran dengan berolahraga tentu perlu dilakukan meski Anda sedang berpuasa. Selain menjaga pola makan sehat, olahraga teratur juga perlu Anda lakukan untuk tetap bugar selama Ramadan.

Pada series sesi kedua Instagram Live @hometowndairy.id Sabtu (17/4) bertema Puasa Anti Lemas : Workout saat Puasa, Certified Fitness Coach Adianti Reksoprodjo yang merupakan narasumber memberikan 5 tips & trik olahraga saat berpuasa.

Berikut rincian lima tips dan trik olahraga saat puasa, antara lain:

1. Tetap Rutin Olahraga

Alasan Anda harus tetap olahraga selama berpuasa adalah menjaga progresivitas olahraga sebelumnya.

"Saat berpuasa misalnya 1 bulan saja (dan tidak olahraga), kamu akan kehilangan progress latihan yg sudah di lakukan selama 3 bulan berturut-turut," kata Adianti.

2. Perhatikan Waktu Olahraga

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada jam-jam dekat waktu makan. Hal ini dilakukan untuk segera mendapat asupan energi kembali.

Anda disarankan untuk berolahraga menjelang buka puasa, usai shalat tarawih dan menjelang sahur. Durasinya adalah 30 hingga 60 menut menjelang waktu makan.

3. Jenis Olahraga

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah jenis olahraga. Lakukan jenis olahraga yang biasa dilakukan seperti biasanya. Namun Anda perlu mengurangi intensitasnya sekitar 40 hingga 50 persen dari biasanya.

Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)
Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)

4. Tidur Cukup

Tips terakhir ini sangat penting, Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Apabila waktu tidur tidak tepat akan memengaruhi kinerja tubuh.

5. Asupan harus diperhatikan

Berolahraga saat berpuasa, maka Anda juga perlu perhatikan asupan yang Anda konsumsi. Anda juga memerlukan cairan dan nutrisi yang cukup dan seimbang. 

Berita Terkait

Berita Terkini