Info

Pulih dari Perceraian Memang Sulit, Begini Fase Penyembuhannya!

Walau sulit, ingat bahwa Anda pasti akan menemukan cinta yang lebih baik.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Perceraian. (Unsplash/rawpixel)
Perceraian. (Unsplash/rawpixel)

Himedik.com - Sebagian besar pasangan tentu akan merasa berat saat menghadapi perceraian. Sekalipun perceraian tersebut keputusan Anda, Anda akan tetap bergumul dengan keterkejutan, luka, amarah, rasa bersalah, atau ketakutan.

Rasa sakitnya terkadang akan terasa tidak terkendali. Bahkan, jika itu adalah pilihan Anda, rasa sakit karena kehilangan bisa sangat berat.

Berdasarkan Psychology Today, berikut beberapa fase pemulihan dari perceraian:

1. Fase akut

Seperti halnya luka parah, tahap pertama adalah tentang menghentikan pendarahan.

Fase ini adalah tentang memperhatikan emosi sebelum memikirkan keputusan besar apa pun. Anda mungkin akan merasa lepas kendali secara emosional atau 'lumpuh' karena syok.

Saat masa ini, penting untuk tidak membuat keputusan yang terburu-buru.

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi percerian. (Shutterstock)

2. Fase penerimaan

Setelah 'pendarahan' sudah terkendali, Anda mulai bisa merawat lukanya. Tetapi juga seperti kebanyakan luka, pendarahan bisa muncul kembali jika luka tidak ditangani secara hati-hati.

Emosi pada fase ini akan seperti rollercoaster selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Anda akan beralih ke amarah ke kesedihan, dari ketakutan ke rasa malu atau rasa bersalah.

Ingatlah bahwa semua perasaan baik-baik saja. Perasaan Anda adalah respon normal terhadap peristiwa yang menyakitkan dan seiring waktu akan menjadi tenang jika dikendalikan.

3. Fase penyesuaian

Fase ini terjadi saat Anda beradaptasi dengan keadaan baru. Anda akan lebih kuat dan mampu berpikir lebih jernih, serta memiliki pemahaman yang lebih baik tentang situasi keuangan dan hukum perceraian.

Anda akan mulai membuat rencana, baik secara finansial maupun yang lain. Hal terpenting adalah menjaga diri agar tetap sehat dan kuat.

4. Fase peyembuhan

Penyembuhan membutuhkan waktu, Semetara masa ini habiskan lah waktu bersama keluarga, teman, dan pekerjaan.

Luangkan waktu untuk mengembangkan atau mendapatkan kembali minat lain. Menemukan aktivitas yang menyenangkan itu penting, tetapi jangan terburu-buru berkencan atau menjalin hubungan baru.

Ingatkan juga bahwa diri anda layak dan pantas mendapatkan cinta yang lebih baik.

Berita Terkait

Berita Terkini