Info

Tak Hanya Mental, Perceraian Juga Bisa Pengaruhi Kesehatan Fisik

Perceraian bisa memengaruhi kesehatan, baik secara mental maupun fisik.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi pria dan wanita bertengkar (Pixabay/Josethestoryteller)
Ilustrasi pria dan wanita bertengkar (Pixabay/Josethestoryteller)

Himedik.com - Perceraian bukan hanya menyakitkan secara mental, namun juga fisik. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang telah diterbitkan pada Frontiers in Psychology.

Melansir dari Insider, penelitian ini telah menyurvei 1.900 perceraian di Denmark. Para partisipan mengisi kuesioner tentang sifat perceraian, latar belakang, dan kesehatan mereka.

Secara keseluruhan, hasil penelitian menemukan bahwa kualitas hidup orang-orang setelah perceraian lebih buruk daripada rata-rata penduduk Denmark.

"Kesehatan mental dan fisik orang yang mengalami perceraian secara signifikan lebih buruk daripada populasi umum," kata Dr. Søren Sander, seorang profesor di Universitas Kopenhagen.

Peneliti mencatat bahwa dampak fisik yang sering kali dikeluhkan oleh orang-orang pascaperceraian adalah masalah fungsi fisik, melaporkan lebih banyak rasa sakit pada tubuh, dan memiliki kesehatan fisik yang lebih buruk secara keseluruhan.

Ilustrasi perceraian [shutterstock]
Ilustrasi perceraian [shutterstock]

Kuesioner mengukur kesehatan fisik secara keseluruhan, kesehatan mental, fungsi sosial, dan vitalitas (atau tingkat energi umum).

Stres yang disebabkan oleh perceraian dikaitkan dengan kesehatan yang lebih buruk secara keseluruhan. Kondisi ini memicu sistem kekebalan yang lebih lemah, kesehatan jantung yang lebih buruk, kualitas tidur yang buruk, serta kecemasan, dan depresi yang meningkat.

Sifat perceraian juga tampaknya menentukan dampaknya terhadap kesehatan seseorang. Konflik yang lebih sedikit selama perceraian menyebabkan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik dibandingkan pada pasangan dengan tingkat konflik yang rumit.

"Di semua jenis kelamin, tingkat konflik perceraian bisa memprediksi kesehatan mental, bahkan ketika telah memperhitungkan variabel sosio-demografis dan karakteristik perceraian," kata Sander.

Berita Terkait

Berita Terkini