Info

Bisa Turunkan dan Pertahankan Berat Badan, Yuk Konsumsi Kacang-kacangan

Penelitian baru menunjukkan bahwa memasukkan berbagai kacang pohon dapat menjaga dan menurunkan berat badan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kacang-kacangan. (Pixabay/ExplorerBob)
Ilustrasi kacang-kacangan. (Pixabay/ExplorerBob)

Himedik.com - Konsumsi kacang-kacangan disebut tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga dapat membantu menjaga berat badan dalam jangka panjang. Studi tersebut telah diterbitkan pada jurnal Nutriens.

Melansir dari Eat This, kacang Brazil, kacang mete, kacang pinus, pistachio, kenari, almond, dan macadamias disebut dapat membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan.

Penelitian ini menyelidiki 95 pria dan perempuan yang kelebihan berat badan atau obesitas dan berusia antara 30 hingga 68 tahun.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diinstruksikan untuk mengkonsumsi 1,5 ons kacang pohon campur sementara kelompok lainnya diberitahu untuk makan makanan ringan. Penting untuk diperhatikan bahwa kedua camilan tersebut mengandung jumlah kalori yang sama.

Kacang-kacangan (Pixabay/ExplorerBob)
Kacang-kacangan (Pixabay/ExplorerBob)

Setiap peserta mengikuti pola makan penurunan berat badan hipokalorik yang berarti mereka mengurangi asupan kalori sekitar 500 kalori setiap hari dan fokus pada makan lebih banyak makanan dengan kepadatan kalori tinggi selama sekitar tiga bulan.

Penelitian diakhiri dengan program pemeliharaan berat badan isocaloric selama 12 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok menunjukkan penurunan berat badan yang cukup besar dalam 12 minggu pertama.

Namun mereka yang terus makan kacang dapat memelihara berat badan karena merasa lebih lama kenyang.

Kacang sangat padat kalori sehingga porsi sekecil 1,5 ons dapat berkisar antara 240 hingga 300 kalori. Kacang juga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan berlebihan serta mempertahankan berat badan dari waktu ke waktu.

Berita Terkait

Berita Terkini