Info

Picu Masalah Kesehatan, Hindari Gorengan dan 3 Makanan Ini saat Buka Puasa

Beberapa makanan berikut perlu Anda hindari dulu saat buka puasa.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Gorengan, makanan berminyak (Pixabay/nuzree)
Gorengan, makanan berminyak (Pixabay/nuzree)

Himedik.com - Selama bulan Ramadan, hanya ada dua waktu makan besar di jam buka puasa dan sahur, Anda tentu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi di waktu tersebut. Sehingga makanan buka puasa perlu diperhatikan agar tetap menenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.  

Oleh karena itu beberapa asupan makanan yang merugikan tentu harus dihindari di waktu tersebut. Melansir dari The National News, berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari selama berbuka puasa, antara lain:

1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda memang menyegarkan. Namun minuman ini tinggi gula, meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas. Tak hanya itu, minuman ini dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan pencernaan apalagi dikonsumsi saat perut kosong.

Alih-alih minum minuman berkarbonasi, lebih baik Anda minum air atau dan air kelapa untuk memuaskan dahaga dan hidrasi tubuh.

2. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula seperti permen, kue, coklat harus dihindari karena mengandung sangat sedikit nilai gizi dan kalori tinggi. Makanan tinggi gula berkontribusi pada penambahan berat badan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi setiap hari.

Ilustrasi makanan manis. (Shutterstock)
Ilustrasi makanan manis. (Shutterstock)

3. Gorengan

Camilan yang satu ini memang jadi favorit orang Indonesia. Namun makanan berminyak dan digoreng, seperti pangsit goreng, mendoan, tahu goreng, cireng, dan lain sebagainya mengandung lemak trans. Lemak ini yang kemudian dalam tubuh sebagai jaringan lemak.

Buka puasa makan gorengan bisa menyebabkan keasaman dan gangguan pencernaan.

Daripada konsumsi beberapa asupan di atas, Anda disarankan untuk berbuka dengan buah yang menghidrasi, kacang-kacangan, hingga air.

Berita Terkait

Berita Terkini