Info

Vaksin AstraZeneca Lebih Bahaya untuk Usia 40 Tahun ke Bawah, Ini Sebabnya!

Orang yang berusia 40 tahun ke bawah disarankan tidak menggunakan vaksin AstraZeneca.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi (Pixabay)

Himedik.com - Vaksin AstraZeneca sempat disarankan sebagai vaksin alternatif untuk orang usia 30 tahun ke bawah. Tapi, imbauan terbaru menyatakan vaksin AstraZeneca tidak disarankan bagi orang usia 40 tahun ke bawah.

Aturan baru ini justru mengatakan orang usia 40 tahun ke bawah baiknya mendapatkan suntikan vaksin Pfizer atau Moderna sebagai alternatif penggantinya.

Vaksin AstraZeneca sempat ditawarkan sebagai suntikan alternatif bagi orang usia 30 tahun ke bawah, karena beberapa kasus pembekuan darah langka.

Di Inggris sendiri, tercatat sudah ada 242 kasus pembekuan darah dan 49 kematian dari 28,5 juta orang sudah disuntik vaksin AstraaZeneca. Tapi setelah menganalisis kasusnya lebih lanjut, ternyata risiko pembekuan darah Nampak lebih tinggi pada orang usia muda.

"Keselamatan tetap menjadi prioritas kami nomor satu. Kami terus memantau keseimbangan antara manfaat dan risiko vaksin Covid19, dengan mengingat tingkat kejadian pembekuan darah langka dan jumlah trombosit rendah setelah vaksinasi di Inggris," kata Profesor Wei Shen Lim, ketua COVID-19 untuk JCVI dikutip dari Express.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Karena tingkat infeksi virus corona Covid-19 tak terkendali, pihaknya menyarankan orang dewasa usia 18 hingga 39 tahun tanpa riwayat penyakit serius untuk menerima suntikan vaksin AstraZeneca.

Pihaknya memberikan saran tersebut, karena sesuai kondisi Inggris yang sedang menghadapi lonjakan karena varian baru virus corona kala itu. Sehingga mereka berpikir baiknya tidak menunda suntikan vaksin Covid-19.

"Saat itu, vaksin Covid-19 terbukti telah menyelamatkan nyawa ribuan orang dan manfaatnya pun jauh lebih besar daripada risikonya," jelas Wei Shen.

Rupanya, sebanyak 141 wanita dan 100 pria usia 18 hingga 93 tahun justru mengalami pembekuan darah. Kasus pembekuan darah ini juga terjadi pada 1 orang yang tidak diketahui jenis kelaminnya dan sudah ada 49 laporan kematian setelah vaksinasi.

Selain itu, 6 kasus pembekuan darah juga dilaporkan setelah suntikan kedua vaksin AstraZeneca. Karena itu, vaksin AstraZeneca tidak lagi diperuntukkan bagi orang usia 40 tahun ke bawah.

Berita Terkait

Berita Terkini